Tarif Pajak Air Permukaan Diusulkan Naik

Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Y Freddy Ering
Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Y Freddy Ering

BALANGANEWS, – Komisi I Kalimantan Tengah (Kalteng) pekan lalu melaksanakan kunjungan ke kantor Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kabupaten Barito Timur (Bartim).

Dalam kunjungan itu, pihak Samsat setempat mengusulkan kepada pemerintah untuk menaikan tarif Air Permukaan (PAP). Pasalnya, tarif pajak PAP yang diharapkan dapat menyokong Pendapatan Asli Daerah (PAD) tersebut sudah sangat tidak sesuai lagi. Hal ini disampaikan Ketua Komisi I , Y Freddy Ering saat dibincangi di gedung dewan, Kamis (12/82021).

Dikatakan, pelayanan Samsat di wilayah itu dalam melayani masyarakat masih berjalan optimal, meski di tengah pandemi Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Pelayanan Samsat dalam melayani masyarakat yang membayar pajak kendaraan bermotor maupun pajak yang lain seperti PAP tetap berjalan lancar dengan tetap mentaati ( (Prokes),” kata Freddy.

Khusus Pajak Air Permukaan kata dia, dalam pertemuan itu pihak Samsat setempat mengusulkan ada kenaikan tarif, karena sekarang ini tarif yang ditetapkan sudah tidak sesuai dengan kondisi yang ada.

“Kepala , H. Wahyu Ipung, mengusulkan perlunya penyesuaian tarif PAP, karena yang ada saat ini Rp10/m3, sudah sangat tidak sesuai, kalau bisa dinaikan menjadi Rp100/m3,” terang legislator dari Fraksi ini.

Lebih lanjut dikatakan, selain melaksanakan kunjungan kerja ke Samsat, dalam kunjungan itu pihaknya juga melaksanakan kunjungan ke beberapa instansi lainnya. Seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapi) serta Bank Kalteng Cabang Tamiyang Layang.

“Secara umum pelayanan publik di sana sudah berjalan optimal, meskipun di tengah pandemi sekarang ini. Untuk pelaksanakan pelayanan publik kita memberikan apresiasi,” pungkas wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) V, meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau (Pulpis) ini. (ega)

KUNJUNGAN - Pimpinan dan Anggota Komisi I DPRD Provinsi Kalteng foto bersama usai kunjungan ke Kabupaten Barito Timur, beberapa waktu lalu (Foto/Humas DPRD Provinsi Kalteng)
KUNJUNGAN – Pimpinan dan Anggota Komisi I DPRD Provinsi Kalteng foto bersama usai kunjungan ke Kabupaten Barito Timur, beberapa waktu lalu (Foto/Humas DPRD Provinsi Kalteng)