Dua Ribu Warga Palangka dan Menteng Divaksin

BALANGANEWS, – Sebanyak dua ribu vaksin dosis pertama diberikan bagi warga dan warga Kelurahan Menteng Kecamatan Jekan Raya.

“Pemberian vaksin ini dilaksanakan selama dua hari, yakni 21- 22 Agustus, bertempat di lingkungan Kantor Kecamatan Jekan Raya,” kata , Sri Utomo, di sela memantau pelaksanaan vaksin di hari kedua, Minggu (22/8/2021) kemarin.

Dijelaskan Camat, dalam pemberian dua ribu vaksin tersebut dilakukan persesi, seribu vaksin untuk warga Kelurahan Palangka mendapat giliran vaksinasi di hari pertama, dan seribu vaksinnya lagi untuk warga Kelurahan Menteng pada hari kedua.

Adapun dalam pemberian vaksin tersebut dilakukan tenaga (Nakes) Kecamatan Jekan Raya, serta dibantu oleh dokter, perawat serta vaksinator dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng sera Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) Palangka Raya.

“Bantuan 200 vial atau dua ribu dosis vaksin ini dari pihak , yang disalurkan bagi masyarakat di dua kelurahan di Kecamatan Jekan Raya. Kami laksanakan sesuai ketat,” ujarnya.

Ditambahkan Utomo, pemberian vaksinasi tersebut, merupakan uji coba sistem pelaksanaan vaksinasi yang terintegrasi bersama pihak kelurahan hingga RT/RW.

Implementasinya, setiap kelurahan berkoordinasi dengan seluruh ketua RT/RW masing-masing, guna mendata warganya yang ingin divaksin. Selanjutnya disinkronkan dengan penyediaan kuota, penetapan nomor antrian, pembagian jam vaksinasi yang terintegrasi dengan sistem informasi layanan (Sila) Jekan Raya, melalui .

“Jadi warga yang telah didaftarkan tinggal datang sesuai jam yang ditentukan dalam jadwal. Jadi tidak perlu menunggu lama. Datang sesuai jam, dipanggil, divaksin, diberikan sertifikat vaksinasi dan selesai,” bebernya.

Disampaikan Utomo, pemberian vaksin tersebut secara umum dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Palangka Raya melalui pihak kecamatan, bersama dengan pihak TNI. (rmi/MC Isen Mulang)