Khawatir Membahayakan, Beberapa Pohon di Rumah Warga Ditebang

WhatsApp Image 2023 02 22 at 9.42.33 AM
Petugas Damkar saat mengevakuasi pohon dikhawatirkan membahayakan masyarakat, Selasa (21/2/2023)

, – Petugas Dinas Pemadam dan Penyelamatan kota Palangka Raya, memotong beberapa buah pohon yang dikhawatirkan bisa saja membahayakan masyarakat yang lewat di bawahnya, yang berlokasi di Hotel Triana, Jalan Rajawali V No.12.

Kepala Seksi Pengendali Operasi dan Komunikasi Penyelamatan Bidang Penyelamatan Sucipto mengatakan, bahwa ada beberapa pohon kayu yang dilakukan pemangkasan yakni pohon kayu salam setinggi 12 meter, satu batang pohon nangka setinggi 9 meter yang saat itu juga miring ke rumah tetangga.

“Selain itu juga, kita melakukan penebangan 2 batang pohon petai China, semua sudah dapat dilaksanakan dengan baik dan selamat, meskipun laporan tertunda beberapa hari dikarenakan permintaan masyarakat cukup antusias alias cukup banyak,” ucapnya, Selasa (21/2/2023).

Berdasarkan keterangan pelapor yakni Ibu Triana, yang saat itu melihat keadaan sekarang terutama angin sangat kencang, karena khawatir melihat pohon cukup tinggi dan sangat dekat dengan pemukiman masyarakat tetangga, selain itu juga agar tidak menimbulkan masalah atau polemik juga apalagi sampai merugikan orang lain bahkan sampai korban, maka lebih baik ditebang sebagian, sebagian dipangkas.

“Setelah kita melihat keadaan pohon tersebut, lalu petugas pun melakukan upaya evakuasi dengan menggunakan waktu kurang lebih 6 jam Team dapat melaksanakan tugas dengan sangat hati-hati dan bertahap agar tidak merusak yang ada di sekitar kegiatan bahkan juga kabel Selasa 21 Februari 2023,” ungkapnya. (udi)