Takut Membahayakan Warga Melintas, Sarang Tawon Berhasil Dievakuasi

1919
Petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan kota Palangka Raya, saat mengevakuasi sarang tawon di rumah warga

, – Sarang tawon vespa berukuran 70 cm, dengan panjang 80 cm yang berada di Jalan dr Murjani Gang Hidayah kurang lebih ketinggian 10 meter berhasil di evakuasi oleh petugas Pemadam dan Penyelamatan kota Palangka Raya.

Kepala Seksi Pengendali Operasi dan Komunikasi Penyelamatan Bidang Penyelamatan Sucipto mengatakan, bahwa pelapor atas nama ibu Wardah yang memiliki bangunan atau rumah saat itu tidak merasa bahkan tidak tahu kalau di atas rumahnya di bawah atap ada sarang tawon sudah sebesar 70 cm x 80 cm.

“Selain itu juga saat itu belum ada menyengat orang sekitar, diketahui keberadaan sarang tersebut oleh tetangga yang melintas melihat ada tawon yang berterbangan, lalu saat diperhatikan dari mana asal datangnya tawon itu ternyata pada bangunan dengan ketinggian 10 meter,” ucapnya, Selasa (7/3/2023).

Posisi sarang tawon tersebut diketahui berada di bawah atap lalu dilaporkan ke pemilik rumah, sejak itulah disampaikan ke warga sekitar siapa yang mau atau bisa mengevakuasi tawon vespa, namun masih belum ada yang menjawab bisa.

“Lalu muncul niat pelapor untuk melapor ke melewati Call Center 112, atas laporan itu langsung melakukan survei, sesampainya di lokasi yang tidak bisa dimasuki oleh mobil dengan jarak 300 meter harus berjalan kaki ketemulah dengan pelapor dan menanyakan dimana tawon vespa itu bersarang,” tambahnya.

Setelah ditunjukan lokasi sarang tawon maka munculah kesimpulan alat apa saja yang diperlukan dan media apa saja yang harus ada serta akan dikerjakan saat gelap agar masyarakat tetap aman serta petugas rescue juga aman.

“Dengan waktu kurang lebih 35 menit sarang tawon dan tawon dapat dievakuasi saat malam hari selanjutnya tawon vespa dilepasliarkan ke hutan yang jauh dari pemukiman masyarakat,” ungkapnya. (udi)