Pemko Siapkan 8 Titik Pasar Ramadhan di Palangka Raya

17

, – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui , , UKM dan Perindustrian (DPKUKMP) setempat telah menetapkan delapan titik lokasi Pasar Ramadan 1444 Hijriah atau 2023 ini.

Kepala DPKUKMP Kota Palangka Raya Samsul Rizal mengatakan, berdasarkan hasil rapat bersama dengan Kecamatan, Kelurahan dan Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK) di daerah setempat untuk sementara ditetapkan delapan titik lokasi Pasar Ramadan 1444 Hijriah.

“Delapan lokasi tersebut antara lain di Km 1 tepatnya Pasar kahayan, Jalan Yos Sudarso samping Stadion Mini , AIS Nasution, Bali, Sultan Hasanudin samping masjid Al Husna, Yos Sudarso tepatnya di Pasar Datah Manuah, Pasar Rajawali dan Hotel Swiss Bell Danum,” ucapnya, Minggu (12/3/2023).

Dikatakan Samsul, berdasarkan data jumlah para yang akan mengisi lapak Pasar Ramadan mencapai ratusan.

“Untuk lokasi Jalan AIS Nasution saat ini 80 pedagang, Pasar Kahayan ada 26 pedagang, Yos Sudarso ada 28 pedagang, Jalan Bali ada 30 pedagang dan di Jalan Sultan Hasanudin ada 25 pedagang,” bebernya.

Sedangkan sisanya jumlah masih dilakukan pendataan pedagang oleh pengelola Pasar Ramadan di daerah setempat.

“Menurut perkiraan puasa Ramadhan 1444 Hijriah jatuh pada hari Kamis 23 Maret 2023 dan pasar Ramadan akan dibuka langsung oleh Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin secara simbolis, rencananya Pasar Ramadan di Jalan AIS Nasution,” ucapnya.

Selain itu, ujar Samsul, para pedagang sebelum mulai berjualan akan diberikan pembinaan oleh petugas dari Balai Besar Pengawasan Obat dan makanan () di Palangka Raya.

“Nantinya para pedagang akan diberikan pembinaan oleh petugas dari BBPOM di Palangka Raya. Tujuannya agar makanan yang disajikan untuk masyarakat tidak mengandung bahan kimia yang membahayakan masyarakat saat mengonsumsinya,” imbuhnya. (asp)