Pemeriksaan Kesehatan ke-2 Bapaslon Kepala Daerah Mura Didampingi KPU dan Diawasi Bawaslu

, – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten (Mura) mendampingi Bakal Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Murung Raya (Mura) Periode 2024 – 2029 saat menjalani pemeriksaan atau tes yang diawasi oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Murung Raya (Mura), di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Kota Palangka Raya pada, Sabtu (31/8/2024).

Adapun pemeriksaan kesehatan Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) ini meliputi pemeriksaan Kesehatan Jasmani yang terdiri dari pemeriksaan darah, , urine, dan lain – lain sesuai ketentuan oleh dokter spesialis.

Dilanjutkan dengan Pemeriksaan Kesehatan Rohani atau Kejiwaan, bekerjasama dengan dokter spesialis kesehatan jiwa serta pemeriksaan Narkoba bekerja sama dengan Prov. Kalteng.

Ketua KPU Kab. Mura, Okto Dinata, mengatakan KPU Kab. Mura melalui KPU Prov. Kalteng telah menunjuk atau bekerjasama dengan Pemprov. Kalteng melalui RSUD dr. Doris Sylvanus untuk melakukan pemeriksaan atau tes kesehatan bagi Bapaslon Kepala Daerah Kab. Mura.

“Terima kasih kepada pihak RSUD dr. Doris Sylvanus Kota Palangka Raya yang telah memfasilitasi dalam melakukan pemeriksaan kesehatan untuk Bapaslon Pilkada Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Murung Raya (Mura) Tahun 2024,” kata Okto.

Menurutnya, pemeriksaan atau tes kesehatan ini dilakukan agar para Pemimpin khususnya di Kabupaten Murung Raya (Mura) dalam kondisi yang sehat. “Tentunya pemeriksaan kesehatan ini untuk memastikan bahwa para Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Murung Raya (Mura) yang mengikuti Pilkada tahun ini dalam kondisi sehat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kab. Mura mengatakan saat itu Bawaslu Kab. Mura bertugas untuk melakukan pengawasan tahapan pemeriksaan kesehatan bagi kedua Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Murung Raya (Mura).

“Sejauh ini kami hanya melihat proses tahapannya, apakah ada hal – hal yang mungkin menganggu atau tidak. Namun sejauh ini kami lihat tidak ada hal yang mengakibatkan pelanggaran. Dan kami hanya memastikan para Bapaslon sudah dites kesehatannya,” tutupnya. (Sam)