Pasarkan Hasil Pertanian Melalui BUMDes untuk Meningkatkan PADes

dwi erlina 3 copy
Anggota DPRD Pulang Pisau Fraksi Nasdem Dwi Erlina

BALANGANEWS, PULANG PISAU – Anggota , Dwi Erlina menyebutkan masyarakat di wilayah Kabupaten Pulang Pisau dapat memasarkan hasil pertaniannya melalui Badan Usaha Milik Desa () untuk memaksimalkan Pedapatan Asli Desa (PADes).

“Kami mendorong masyarakat petani di Kabupaten Pulang Pisau agar memanfaatkan BUMDes untuk memasarkan hasil pertaniannya, sebab dengan begitu akan berdampak bagi peningkatan PADes di desa setempat,” kata Dwi Erlina, Sabtu (26/6/2021).

Menurutnya, pola pemasaran hasil melalui BUMDes ini sesuai dengan arahan dan Program Pemerintah Pusat.

Saat ini, imbuh srikandi Pulang Pisau ini, pemasaran produk hasil pertanian di wilayah Kabupaten Pulang Pisau yang dilakukan melalui BUMDes masih belum maksimal.

“Produksi sudah bagus. Tinggal pemasaran yang kita anggap belum maksimal,” ucap anggota Pulang Pisau dari Komisi III itu.

Legislator Dapil Pulang Pisau II itu juga mengatakan, untuk mengatasi hal tersebut perlu adanya peningkatan pada aspek pemasaran, yakni dengan cara swakelola, melakukan pemasaran melalui BUMDes setempat.

“Terkait bidang pertanian, terutama pemasaran produk-produk hasil pertanian harus semakin ditingkatkan, kita harus mendorong masyarakat desa agar swakelola, contohnya melakukan pemasaran melalui BUMDes, mengingat salah satu tujuannya untuk meningkatkan perekonomian rakyat, ” kata Ina, sapaan akrabnya.

Ia berharap, masyarakat Kabupaten Pulang Pisau tentunya bisa semaksimal mungkin dalam menjalankan roda perekonomian pedesaan terutama bidang pertanian memang harus melalui Bumdes, juga mengoptimalkan potensi sumber daya alam untuk kebutuhan masyarakat serta menjadi alat pemerataan dan pertumbuhan desa.

“Seharusnya memang masyarakat, memasarkan hasil pertaniannya melalui BUMDes agar roda perekonomian masyarakat desa berputar, selain itu PADes dipastikan akan meningkat,” ucap Ina. (nor)