Pemdes Harus Ikut Andil Benahi Infrastruktur

, KUALA PEMBUANG – Infrastruktur desa menjadi hal yang penting untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat, mengenai hal tersebut Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) meminta untuk ikut andil dalam membenahi berbagai infrastruktur di wilayah desanya masing-masing.

Hal itu diutarakan oleh anggota H Bambang Yantoko. Dia mengungkapkan Infrastruktur merupakan hal yang penting untuk menunjang perekonomian warga desa. Berbicara terkait infrastruktur tentunya cakupannya sangat luas tidak hanya sekedar membangun jalan dan gapura saja.

“Infrastruktur sangat beragam, seperti irigasi sawah, drainase, pengembangan jaringan dan telekomunikasi dan lain sebagainya, untuk itu saya mint Pemdes untuk ikut andil dalam membangun dan mengembangkan itu,” katanya.

Diungkapkannya, bahwa tidak sedikit menurutnya desa di Bumi Gawi Hatantiring saat ini yang belum memiliki infrastruktur yang memadai. Sehingga dengan keterbatasan tersebut menjadi penyebab desa sulit berkembang.

“Apalagi kan di Seruyan ini sebagian warga bekerja sebagai petani maupun nelayan, tentunya mereka mengharapkan ada akses jalan yang baik misalnya infrastruktur jalan menuju usaha tani, sehingga memudahkan mereka mengangkut hasil panennya antar desa maupun kota,” jelasnya.

Lebih lanjut ditambahkannya, pembangunan infrastruktur lainnya seperti irigasi dan pengadaan penunjang pertanian yang sangat banyak dibutuhkan warga desa saat ini. Jika tidak ada pembangunan irigasi di sawah, maka petani hanya dapat mengandalkan hujan untuk mengairi lahan pertaniannya.

“Begitu juga dengan sektor perikanan, seperti budidaya pertambakan jika tidak dilengkapi sarana penunjang yang memadai, masyarakat juga kesulitan untuk memaksimalkan hasil budidayanya,” imbuhnya.

Oleh karena itu, dia berharap Pemdes bisa proaktif membantu mengembangkan infrastruktur di wilayah desanya. “Menurut saya dengan yang miliaran rupiah sudah semestinya dapat disisihkan untuk penganggaran pengembangan infrastruktur, demi kepentingan masyarakat serta kemajuan desa itu sendiri,” tandasnya. (Jib)