Pemdes Diharapkan Bantu Warga Lengkapi Adminduk

, KUALA PEMBUANG – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () , Zuli Eko Prasetyo meminta seluruh Pemerintah Desa () di wilayah setempat untuk andil membantu masyarakat dalam hal melengkapi dokumen atau administrasi (Adminduk).

“Saya minta seluruh Pemdes di Seruyan untuk andil membantu warga masyarakatnya melengkapi administrasi kependudukan, karena semuanya saat ini apa-apa itu perlu data,” katanya.

Menurut politikus itu, tidak menutup kemungkinan saat ini masih ada masyarakat di Seruyan khususnya desa-desa terpencil yang sekarang ini membutuhkan peran dari pemerintah desa untuk membantu dan mengawal mereka untuk melengkapi dokumen kependudukan.

Hal itu terjadi kemungkinan karena ketidakpahaman atau ketidaktahuan merek sehingga menjadi kendala utama untuk mengurus dan membuat dokumen administrasi kependudukan tersebut. Selain itu juga faktor lainnya seperti akses yang sangat jauh, sehingga menyulitkan dalam mengurus administrasi ke ibukota.

Oleh karena itu, melihat berbagai kendala yang ada, diharapkan agar Pemdes ambil bagian, dan sebagai langkah awal Pemdes bisa memulai dengan melakukan pendataan secara menyeluruh terhadap warganya yang belum memiliki dokumen administrasi kependudukan.

“Setidaknya untuk dokumen-dokumen kependudukan terlebih dahulu, seperti yang utama itu KTP, kartu , akta kelahiran dan lain-lain, selanjutnya Pemdes bisa mengusulkan ke dinas terkait untuk melakukan perekaman sesuai data masyarakat terdata itu,” pungkasnya. (Jib)