Katingan

Cuaca Semakin Panas, Masyarakat Diimbau Waspada 

WhatsApp Image 2023 04 27 at 11.47.18 AM

BALANGANEWS, – Meskipun belum diketahui apakah sudah memasuki atau belum, namun di Kabupaten selama sepekan ini terasa panas.

Oleh karena itu masyarakat diimbau agar selalu waspada terhadap penyakit yang bakal menyerang ke tubuh kita. Demikian ungkap Sekretaris Dinas (Dinkes) , Lismawatie kepada sejumlah awak media, Kamis pagi (27/4/2023), di ruang kerjanya.

Pasalnya, di situasi terik matahari yang panas ini menurutnya dikhawatirkan akan mendatangkan berbagai penyakit, jika kita tidak waspada. “Penyakit yang biasa datang menyerang tubuh kita, seperti diare dan infeksi saluran pernafasan akut (),” kata Lismawatie.

Sebab, di situasi yang panas, apalagi tidak ada hujan yang turun, selain debu berhamburan, yang kurang bersih juga menjadi penyebab datangnya kedua penyakit tersebut.

Untuk menjaga lingkungan yang bersih dirinya mengingatkan kepada kita semua agar selalu menjaga kebersihan. Terutama lingkungan di sekitar tempat tinggal kita. “Jangan lupa pula selalu menyiram halaman di sekitar rumah kita pada siang hari. Sehingga, debu tidak terlalu bertebaran,” ingatnya.

Yang tidak kalah pentingnya juga, lanjutnya, kepada masing-masing Puskesmas dan Pustu agar selalu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat setempat di lingkungan tempat tugasnya masing-masing. Sehingga, masyarakatnya terhindar dari segala penyakit.

Menjawab pertanyaan media, menurutnya di masing-masing Puskesmas selalu mempersiapkan  obat-obatan dengan segera, jika dibutuhkan. “Maksudnya, semua jenis obat-obatan yang dibutuhkan selalu disiapkan oleh masing-masing Puskesmas,” akunya. (ade)

Beritahu Saya Setiap Ada Berita Terbaru OK No thanks