Langkah-langkah Berhidroponik Pakcoy Bagi Pemula dengan Stereofoam

Whatsapp Image 2023 12 02 At 7.49.55 Pm

Oleh: Dandi Prasetyo, Mahasiswa Fakultas , Program Studi Agribisnis, Universitas

Hidroponik adalah salah satu metode dalam budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan hara bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah.

Di sini saya akan menanam tanaman hidroponik . Pakcoy merupakan tanaman jenis sayur- yang termasuk Brassicaceae. Tumbuhan ini berasal dari China dan telah dibudidayakan setelah abad ke-5 secara luas di China Selatan dan China Pusat serta Taiwan. Sebelum masuk ke teknik cara menanam sayur Pakcoy dengan sistem hidroponik, kita harus mempersiapkan terlebih dahulu alat dan bahannya, yaitu:

1. (bisa menggunakan rockwool atau spon)
2. Bibit Pakcoy (berupa biji)
3. Alat potong, (cutter)
4. Nutrisi hidroponik (AB Mix)
5. Netpot dan kain flanel
6. Alat pengukur pH
7. TDS
8. Streofoam buah

Selanjutnya tahapan menanam Pakcoy dengan sistem hidroponik adalah sebagai berikut:

1. Tahap Penyemaian Bibit Pakcoy
Untuk penyemaian bibit Pakcoy hidroponik, marilah kita ikuti cara penyemaiannya sebagai berikut:

a) Potong rockwool menjadi ukuran lebih kurang 2×2 cm dan lubangi sedikit tengahnya.
b) Masukkan satu biji Pakcoy ke dalam satu lubang tanam.
c) Basahi rockwool dengan air, simpan di tempat tertutup dan teduh.
d) Lakukan penyiraman dua kali sehari, tapi jangan sampai media tanam terlalu becek.

2. Tahap Pemindahan Bibit Pakcoy Hidroponik
Jika sudah mulai berkecambah, maka pindahkan ke lokasi dengan sinar matahari langsung. Ketika daun sejati sudah muncul, kita bisa melakukan pemindahan tanaman. Namun supaya lebih yakin, tunggu hingga ada dua daun sejati dalam satu bibit Pakcoy. Jika daun sudah muncul (2-4) daun maka langkah berikutnya adalah memindahkan rockwool ke dalam netpot untuk kemudian diletakkan ke dalam streofoam yang sudah diberi air yang dicampur nutrisi AB Mix dengan takaran yang sudah ditentukan.
3. Mengatur Nutrisi Pakcoy Hidroponik
Untuk penanaman Pakcoy dengan media tanah, kita hanya perlu memberikan pupuk dan air secara berkala. Namun untuk metode hidroponik, kita harus rutin memberi nutrisi manual. Salah satu caranya dengan memberi nutrisi hidroponik yaitu nutrisi AB Mix. Kita juga perlu mengatur tingkat pH air, pastikan berada di angka 8.5. Jika angkanya kurang, maka kita bisa tambahkan asam nitrat atau asam sulfat ke dalam air hingga pH mencapai angka ideal.
4. pemeliharaan hidroponik Pakcoy
Setiap tanaman membutuhkan perawatan agar dapat tumbuh dengan baik. Demikian juga dengan tanaman Pakcoy. Ada tiga hal yang perlu Sobat perhatikan ketika menanam Pakcoy hidroponik, yakni:
a) Jumlah air di bak
b) Tingkat kepekatan nutrisi tanaman
c) Risiko tanaman

Semakin besar tanaman, akan semakin banyak air yang ia serap untuk tumbuh. Kita juga perlu mengontrol jumlah air dan kepekatan nutrisi tanaman dengan rutin. Gunakan pupuk hidroponik terbaik agar pertumbuhan tanaman semakin stabil. Untuk tanaman hidroponik biasanya menggunakan pupuk AB MIX. Kita juga harus mengecek risiko Pakcoy terkena hama seperti leaf miner dan laba-laba.

5. Masa Panen Pakcoy Hidroponik
Pakcoy hidroponik sudah bisa dipanen dalam waktu 4 minggu. Pada saat ingin melakukan pemanenan kita bisa melakukannya di pagi atau sore hari agar kualitasnya lebih baik. Apabila kita menanamnya untuk dikonsumsi pribadi, tidak perlu memanen seluruh pakcoy sekaligus kecuali untuk dijual baru bisa kita memanen seluruhnya. Namun jika sudah terlanjur dipanen semua, wadahi Pakcoy dalam plastik dan simpan di lemari pendingin agar lebih awet.