Optimalkan Pelayanan Publik Guna Meningkatkan Mutu Pelayanan kesehatan

, – Untuk Fleksibilitas, transparan, akuntabilitas dan yang sehat dapat terwujud sehingga pelayanan publik terhadap masyarakat memuaskan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) () melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) menggelar penggalangan komitmen Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Pukesmas dan Labkesda bertepatan di aula Kantor Bupati Barsel.

Sambutan Dr. Deddy Winarwan melalui Asisten II Bidang Perekonomian dan Sekretariat Daerah Rahmat Nuryadin mengatakan salah satu solusi dan langkah dalam penyelesaian masalah pelayanan selama ini adalah dengan menjadikan seluruh UPT puskesmas dan Labkesda menjadi Badan Layanan umum Daerah (BLUD).

“Puskesmas sesuai dengan fungsinya, berkewajiban mengupayakan, menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan yang bermutu dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang berkualitas,” katanya, Kamis (17/10/2024).

Dijelaskan ketentuan tentang penganggaran telah dituangkan dalam undang undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang perbendaharaan negara. Undang undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 79 tahun 2018, tentang badan layanan umum daerah serta peraturan lainnya.

“Keberhasilan pembangunan kesehatan berperan penting dalam meningkatkan mutu dan daya saing sumber daya manusia untuk mencapai keberhasilan dalam pembangunan bidang kesehatan diselenggarakan berbagai upaya kesehatan secara menyeluruh berjenjang dan terpadu,” pungkasnya. (lam)