Presiden Pastikan Kesiapan RSUD Tamiang Layang Operasikan Alat Medis Canggih

Presiden Joko Widodo mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tamiang Layang di Kabupaten Barito Timur (Foto: MMC Kalteng)

, BARITO TIMUR – Dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Kalimantan Tengah (), Presiden Joko Widodo mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) , Barito Timur, Kamis (27/6/2024).

Kunjungan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan rumah sakit dalam menerima dan mengoperasikan peralatan medis canggih yang akan didistribusikan oleh pemerintah.

“Ya ini kita kan mau mendistribusikan alkes-alkes yang modern baik itu cath lab, mammogram, CT scan, MRI semuanya kan kita harus melihat kesiapan-kesiapan rumah sakit, baik ruangannya, bangunannya, semuanya kan ingin kita lihat secara sampling,” ucap Presiden.

Presiden menambahkan, bahwa pengecekan kesiapan sumber daya manusia (SDM) di rumah sakit yang menjadi penerima alat tersebut sangat penting.

“Kalau alatnya dikirim, SDM-nya ada apa tidak? Ada yang siap, ada yang belum siap. Ada yang sudah cukup, masih banyak lagi yang belum cukup. Itulah yang akan dikejar oleh Pak Menteri Kesehatan,” jelasnya.

Presiden Joko Widodo menyebutkan, memiliki 13 dokter spesialis, namun masih kekurangan tenaga spesialis di beberapa bidang kritikal seperti , syaraf, dan onkologi.

“Memang yang banyak, yang enggak ada itu spesial jantung, syaraf, sama untuk yang kanker. Di mana-mana sama. Oleh sebab itu, harus dikejar sebanyak-banyaknya dokter spesialis yang tadi saya sampaikan,” tandasnya.

Turut mendampingi Presiden Joko Widodo, yaitu Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Kalteng , dan Pj Bupati Barito Timur Indra Gunawan. (asp)