Bupati Resmi Kukuhkan Bunda Literasi Kabupaten Barito Timur

WhatsApp Image 2023 02 28 at 3.08.16 PM

, TAMIANG LAYANG – Bupati Provinsi Kalimantan Tengah Ampera AY Mebas secara resmi mengukuhkan Ny. Munita Mustika Dewi Ampera AY Mebas sebagai Bunda Kabupaten Barito Timur, di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Mantawara, Tamiang Layang, Selasa (28/2/2023)

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas dalam sambutannya mengatakan kegiatan pengukuhan sosialisasi budaya baca dan literasi ini merupakan agenda dalam tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Barito Timur.

Pelaksanaan kegiatan ini, terang Bupati, sebagai bukti serta wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Barito Timur mencerdaskan kehidupan bangsa melalui membaca dan literasi. Agar terwujudnya masyarakat yang cerdas, diperlukan upaya mengajak semua lapisan masyarakat untuk memulai budaya.

Dengan menggaungkan dan mengajak masyarakat agar rajin membaca, kata Bupati, maka Pemerintah Kabupaten Barito Timur telah ikut berkontribusi dalam mewujudkan cita-cita luhur Bangsa Indonesia dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Selain diselenggarakan pengukuhan Bunda Literasi dan sosialisasi budaya membaca dan literasi, di tempat yang sama juga dilaksanakan perlombaan melukis, mewarnai dan bercerita. Para peserta lomba adalah anak-anak perwakilan dari tiap kecamatan se-Kabupaten Barito Timur.

Berdasarkan data dari panitia penyelenggara, peserta melukis, mewarnai dan bercerita berjumlah 40 orang. Dengan rincian lomba mewarnai pesertanya 20 orang, lomba melukis 10 orang dan lomba bercerita 10 orang.

Keluar sebagai juara 1 lomba menggambar yaitu Senna Quin Pasulu dari SDN 3 Bambulung . Juara dua lomba menggambar Dapit Silva dari SDN 1 Bentot Kecamatan Patengkep Tutui dan Syaifu Hidayat Efendi dari TK Pembina Kecamatan Pematang Karau keluar sebagai juara III.

Kemudian juara 1 lomba mewarnai diraih oleh Audy Cristiani dari TK Imanuel Jaar . Juara II Nadia Aulia Putri dari TK Franciskus dan juara 3 lomba mewarnai yaitu Felcia Gloria Bariran dari TK Negeri Pembina Dayu Kecamatan Karusen Janang.

Sedangkan keluar sebagai juara 1 lomba bercerita adalah Lindia Selviani dari SDN 1 Unsum . Juara 2 Letisya Naoni dari SDN 1 Bentot Kecamatan Patengkep Tutui dan juara 3 Rani Rahasta dari SDN 2 Hayaping Kecamatan Awang. Penyerahan hadiah kepada para juara langsung diserahkan oleh Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas.

Pantauan di lapangan, kegiatan pengukuhan bunda literasi dan sosialisasi budaya membaca dan literasi berjalan dengan lancar dan tertib. Apalagi di dalam kegiatan tersebut panitia menghadirkan action figure superhero Ksatria Baja Hitam RX.

Kehadiran action figure superhero Ksatria Baja Hitam RX di GPU Mantawara ini tentu saja menyita perhatian peserta dalam kegiatan itu, terutama anak-anak. Selain melihat langsung aksi superhero tersebut, mereka juga bersua foto dengan tokoh figure idolanya. (yus)