Pj Bupati Barut Terima LHP Dengan Tujuan Tertentu dari BPK Kalteng

, PALANGKA RAYA – Pj Bupati !(Barut), Muhlis menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dengan tujuan tertentu semester II tahun 2023 yang diserahkan oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi di auditorium kantor BPK setempat, Senin (15/1/2024).

Bersamaan dengan Barito Utara, juga diserahkan LHP kepada Provinsi Kalteng, Kabupaten Kotim, Lamandau, dan . juga disaksikan oleh Wakil Gubernur, Inspektur Kalteng, Ketua .

Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Kalteng, M. Ali Asyhar mengatakan, latar belakang pemeriksaan dengan tujuan tertentu berkaitan dengan laporan hasil pemeriksaan keuangan tahun 2023 yang telah dilakukan, dimana masih ditemukan berbagai permasalahan terkait belanja modal (pekerjaan fisik), bertujuan untuk memberikan kesimpulan terkait pengelolaan belanja daerah, apakah sudah sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

“Untuk itu kami mohon LHP ini segera ditindaklanjuti, sehingga nantinya akan menjadi pertimbangan penting dalam menentukan menentukan opini,” jelas Ali.

Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo mengatakan, atas nama Kalteng mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi BPK RI Perwakilan Kalimantan Tengah, yang telah konsisten melaksanakan dan menyampaikan hasil pengawasan di lingkungan Pemda se-Kalteng.

“Pemda pastinya terus berusaha mengoptimalkan peran Aparat Pengawasan Internal dan melakukan konsultasi intensif dengan Aparat Pengawasan Eksternal, untuk mewujudkan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan di daerah yang baik, efektif, efisien, terarah dan terkoordinasi,” kata Edy.

Sementara itu, Pj Bupati Barito Utara, Muhlis menyampaikan akan segera menindak lanjuti LHP sesuai dengan ketentuan dan aturan.

“Kepada para pejabat segera tindaklanjuti rekomendasi LHP agar selesai tepat waktu,” pinta Muhlis yang seraya berharap agar 9 tahun Opini WTP di bawah kepemimpinan H. dapat dipertahankan. (asp)