Sekda Kalteng Serahkan Sapi Limousin dan Gratiskan 1.400 Paket Sembako di Muara Teweh

, – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah ( Kalteng) menggelar Kalteng Berbagi Berkah, yang dilaksanakan di Gudang Muara Teweh, , Barito Utara, Selasa (11/6/2024).

Pada kesempatan tersebut, sekaligus secara simbolis menyerahan hewan kurban kepada Pemkab Barito Utara dari Pemprov Kalteng, yang diserah secara simbolis oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng, Nuryakin.

Sekda Nuryakin dalam sambutannya menyampaikan, hewan kurban sapi yang diserahkan untuk Pemkab Kabupaten Barito Utara sebanyak 41 ekor.

“Pemerintah Barito Utara hanya mengusulkan sebanyak 30 ekor, tetapi Pemprov memberikan sebanyak 41 ekor,” Nuryakin.

“Kita tidak mengenal agama, tidak mengenal suku, tidak mengenal perbedaan, siapapun berhak kalau dia pakir miskin maka berhak menerima hewan kurban,” sambungnya.

Nuryakin mengatakan, jumlah hewan kurban yang dibagikan serentak di seluruh kabupaten/ kota se-Kalteng sebanyak 1.000 ekor.

Sementara itu, digelarnya pasar murah sekaligus penyerahan hewan kurban ini merupakan bentuk perhatian Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menjelang Hari Raya Iduladha 1445 H sekaligus dalam rangka pengendalian di daerah.

Sementara itu, Kepala Diskominfosantik Provinsi Kalteng, Agus Siswadi menyampaikan, pada pasar murah di Kelurahan Lanjas disalurkan sebanyak 1.400 paket sembako.

Pelaksanaan pasar murah di Kabupaten Barito Utara saat ini digelar serentak di 3 (Tiga) titik yakni Kelurahan Lanjas, Kelurahan Jingah dan Desa Benao di Kecamatan Lahei Barat.

Disampaikan Agus, masing-masing paket berisikan beras 10 kg dan 1 liter senilai Rp192.500, kemudian disubsidi oleh Pemerintah Provinsi sebesar Rp172.500, sehingga masyarakat hanya membayar sebesar Rp20.000 per paket.

“Kemudian kembali di subsidi oleh Sekda Provinsi Kalteng maka bantuan sembako tersebut dapat diperoleh masyarakat secara gratis,” ungkapnya. (asp)