Jelang Idul Adha, Pemprov dan Pemkab Gratiskan Paket Sembako ke Warga Katingan

, – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah ( ) kembali menyelenggarakan Kalteng Berbagi Berkah di wilayah Kabupaten Katingan, Selasa (11/6/2024).

Penyelenggaraan kegiatan pasar murah secara serentak di Kabupaten Katingan ini dilaksanakan pada dua lokasi yaitu di Desa Hampalit , dan di .

Gubernur (Wagub) Kalteng, Edy Pratowo mengatakan, bahwa kehadiran selain melaksanakan pasar murah atau pasar penyeimbang dalam rangka pengendalian inflasi, juga menyalurkan bantuan hewan qurban kepada masyakat.

“Kegiatan ini tujuannya adalah untuk melihat bagaimana kegiatan dan kehidupan masyarakat, menjelang datangnya Hari Raya Iduladha, apakah harga-harga barang kebutuhan pokok ini meningkat atau tidak,” ucapnya.

Sebut Wagub, berdasarkan data yang dirilis dan disampaikan oleh Badan Pusat Statistik setiap bulannya, kenaikan bahan pokok rata-rata terjadi pada komoditas beras sebagai penyumbang inflasi, padahal Kalteng adalah lumbung pangan.

“Jangan sampai ke depannya beras ini menjadi persoalan-persoalan yang mendasar bagi masyarakat, sehingga masyarakat kita sulit mendapatkan beras karena harga yang tinggi,” ujarnya.

Pada kegiatan pasar murah yang rutin dilaksanakan ini, Pemprov memberikan bantuan kepada masyarakat di Kecamatan Katingan Hilir sebanyak 2000 paket sembako.

Paket tersebut terdiri dari beras 10 kg dan minyak goreng 1 botol senilai Rp192.500 per paket, yang disubsidi oleh Pemprov Kalteng sebesar Rp172.500, sehingga masyarakat hanya menebusnya sebesar Rp20.000.

“Kemudian setelah dibantu subsidi oleh sejumlah Kepala Perangkat Daerah dan Pj Bupati Katingan, maka bantuan sembako tersebut dapat diperoleh masyarakat secara gratis,” imbuhnya.

Sementara itu, Pj Bupati Katingan, Saiful mengatakan, atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Katingan menyampaikan ucapan terima kasih atas terselenggaranya pasar murah dan penyaluran hewan qurban tersebut.

“Diharapkan melalui kegiatan pasar murah dan penyaluran hewan qurban ini, memberikan dampak yang meringankan beban masyarakat Kabupaten Katingan,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, disalurkan Hewan Quban untuk Kabupaten Katingan sebanyak 20 ekor sapi, yang diserahkan secara simbolis oleh Wagub Kalteng. (asp)