Pendidikan Kunci Keberhasilan Suatu Bangsa

Ketua Komisi II DPRD Barito Utara, Karianto Saman

, – Ketua Komisi II , Karianto Saman, mengatakan bahwa merupakan kunci keberhasilan suatu bangsa. Karena itu kita harus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah Kabupaten Barito Utara.

Hal itu dikatakan Ketua Komisi II DPRD Barito Utara Karianto Saman menanggapi pelaksanaan komitmen dukungan penyelenggaraan penerimaan peserta didik baru (PPDB) Kabupaten Barito Utara tahun 2024 di aula Setda lantai I, Selasa (11/6/2024) yang dilaksanakan oleh setempat.

Menurut dia komitmen tersebut dalam mencapai visi dan misi Kabupaten Barito Utara dan sebagai daerah yang memiliki SDM yang berkualitas. Dengan adanya komitmen tersebut, kita menegaskan dan menjamin bahwa PPDB di Barito Utara berjalan dengan objektif, transparan, akuntabel, non-diskriminatif dan berkeadilan.

“Hal ini dalam rangka mendorong peningkatan akses layanan pendidikan, karena pendidikan merupakan prioritas utama bagi Pemkab Barito Utara dalam membangun Kabupaten Barito Utara yang lebih baik,” kata politisi Barito Utara ini, Sabtu (15/6/2024).

Diungkapkan Karianto Saman, saat ini masih banyak tantangan yang harus dihadapi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di daerah kita ini, namun dengan adanya komitmen yang kuat dan kerja sama yang baik dari semua pihak, kita yakin tujuan tersebut dapat tercapai.

Ia juga mengatakan harus berkomitmen untuk memberikan akses pendidikan yang objektif, transparan, akuntabel, non-diskriminatif, dan berkeadilan bagi seluruh masyarakat di daerah ini.

“Setiap anak memiliki potensi yang berbeda-beda, oleh karena itu kita harus berusaha untuk memberikan kesempatan yang sama bagi setiap anak untuk mendapatkan pendidikan yang layak,” imbuhnya.

Lebih lanjut Karianto Saman, kita semua juga berkomitmen untuk terus meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai, termasuk gedung sekolah yang baru dan perbaikan yang dilakukan secara berkala.

“Saya selaku Ketua Komisi II DPRD Barito Utara berharap dengan adanya penandatanganan komitmen dukungan pelaksanaan PPDB tahun 2024 di daerah menjadi salah satu indikator untuk mewujudkan pemerataan akses pendidikan bagi seluruh peserta didik dan menciptakan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter,” ucap Karianto Saman.

Karianto juga mengharapkan Kabupaten Barito Utara nantinya mampu menjadi penyumbang SDM yang berkualitas untuk menyongsong Indonesia Emas 2045 mendatang.

“Penandatanganan komitmen yang dilaksanakan tersebut bukanlah akhir dari perjuangan, namun ini adalah awal dari perjalanan panjang Pemkab Barito Utara, DPRD Barito Utara dan unsur-unsur lainnya di daerah ini untuk mencapai tujuan bersama yaitu meningkatkan kualitas pendidikan di Barito Utara,” pungkasnya. (ads)