Penetapan dan Penegasan Batas Desa Harus Selesai Sebelum Agustus

445
Bupati Gumas Jaya S Monong ketika meninjau pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh dinas terkait, belum lama ini

, – Bupati Jaya S Monong mengingatkan Camat Sepang agar segera menyelesaikan terkait penetapan dan penegasan batas desa di kecamatan tersebut. Ini menjadi pekerjaan rumah besar yang harus diselesaikan sampai akhir tahun 2023.

”Saya ingatkan agar penetapan dan penegasan batas desa di harus diselesaikan sebelum Bulan Agustus. Untuk itu, tugas Camat sangat besar sebagai fungsi koordinatif dan fasilitatif,” kata Jaya, Senin (19/6/2023).

WhatsApp Image 2023 06 16 at 9.06.04 AM

Dia menuturkan, Camat selaku penyelenggara, pembinaan dan pengawas wilayah, harus selalu mengarahkan, mengontroI, mengevaIuasi, serta memecahkan setiap permasaIahan, sehingga penyelenggaraan desa menjadi lebih baik.

”Lakukan koordinasi dan fasilitasi pada masing-masing desa dalam penetapan dan penegasan batas desa. Selain itu, dengarkan keluh kesah dan bantu desa dalam mengatasi permasalahan,” tuturnya.

Dia mengakui, permasalahan batas wilayah desa merupakan aspek penting yang harus menjadi perhatian untuk diselesaikan baik secara administratif maupun hubungan komunikasi antara Camat, Kades, perangkat desa, serta masyarakat.

”Ini harus segera diselesaikan agar tidak menimbulkan permasalahan yang lebih serius kedepan. Salah satunya dengan acara diskusi antara semua pihak. Jangan menunggu ada permasalahan, baru bergerak,” ujarnya.

Supaya penetapan dan penegasan batas desa bisa segera diselesaikan maka harus ada kesadaran dan niat baik dari masyarakat serta seluruh pihak terkait untuk bersikap kooperatif, dalam bersama-sama menentukan batas suatu desa.

”Permasalahan penetapan dan penegasan batas desa ini jangan terus dibiarkan, karena dikhawatirkan akan memicu prasangka lain, sehingga dapat memperkeruh suasana,” tandasnya. (ahs)