Masyarakat Desa Usulkan Pembangunan Jaringan Listrik

446
Ketua DPRD Kabupaten Gumas, Akerman Sahidar ketika berfoto bersama warga, dalam pelaksanaan reses perseorangan di Desa Tumbang Tuwe, Kecamatan Rungan Hulu, pekan lalu

, KUALA KURUN – Seluruh anggota Kabupaten Gumas telah melakukan reses perseorangan di daerah pemilihan (dapil) masing-masing pada 13-16 Juni 2023 lalu. Dari reses itu, banyak aspirasi, masukan, saran dan usulan yang disampaikan masyarakat.

Salah satunya Ketua DPRD Kabupaten Gumas, Akerman Sahidar yang melakukan reses perseorangan di empat desa yaitu Tumbang Tuwe, , Bereng Baru, Kecamatan Rungan, serta Tumbang Bahanei dan Tumbang Tumbang Langgah Kecamatan Rungan Barat.

WhatsApp Image 2023 06 16 at 9.06.04 AM

”Dalam pelaksanaan reses di empat desa tersebut, masyarakat mengusulkan agar dilakukan pemasangan jaringan di desa mereka,” ujar Akerman, Senin (19/6/2023).

Saat ini, masih ada 54 desa di Kabupaten Gumas yang belum terpasang jaringan listrik. Namun di tahun 2023, akan ada pemasangan jaringan listrik di 18 desa dan kelurahan, tersebar di Kecamatan Batu dan Manuhing Raya, termasuk sejumlah desa di Kecamatan Rungan Barat dan Rungan Hulu.

”Jadi tersisa 36 desa yang masih belum terpasang jaringan listrik. Ini sudah kami usulkan agar menjadi prioritas untuk memasang jaringan listrik,” tuturnya.

Supaya jaringan listrik bisa terpasang di semua desa, nantinya tahun 2024 harus diprioritaskan untuk jalan menuju sejumlah desa yang belum terpasang jaringan listrik.

”Apabila infrastruktur jalan belum fungsional, maka pastinya PLN akan kesulitan untuk memasang jaringan listrik ke desa dan kelurahan tersebut,” terangnya.

Untuk desa pada dapil II yakni di Desa Tumbang Tuwe, Bereng Baru, Tumbang Bahanei dan Tumbang Langgah, tambah dia, itu harus menjadi prioritas untuk segera dipasang jaringan listrik. (ahs)