Perkuat Ketahanan Pangan dengan Manfaatkan Lahan

Whatsapp Image 2024 01 18 At 5.00.29 Pm
Anggota DPRD Kabupaten Gumas, Untung Jaya Bangas

, – Untuk memperkuat ketahanan di bidang , peternakan, dan , dinas terkait diminta untuk melakukan pemanfaatan lahan secara optimal.

”Saya minta agar perkuat , sebagai upaya untuk mendukung upaya peningkatan perekonomian masyarakat,” ujar anggota DPRD Kabupaten Gumas, Untung Jaya Bangas, Kamis (18/1/2024).

Whatsapp Image 2023 12 13 At 8.54.37 Pm

Dia mengatakan, memperkuat ketahanan pangan merupakan kondisi dimana kebutuhan pangan rumah tangga tercukupi baik itu dari jumlah dan mutu serta aman dan terjangkau.

”Perwujudan ketahanan pangan bisa dicapai melalui ketersediaan pangan dan cadangan pangan, penganekaragaman konsumsi, serta penanggulangan rawan pangan,” katanya.

Dia mengakui, memperkuat ketahanan pangan dilakukan melalui penyediaan benih padi, pupuk, bibit ternak, benih ikan, serta mengoptimalkan infrastruktur irigasi.

”Kami ingin masyarakat mendukung upaya memperkuat ketahanan pangan, dengan memanfaatkan lahan untuk menanam padi dan budidaya ikan, ayam, babi, sapi serta ternak lain,” terangnya.

Dia meminta masyarakat untuk meninggalkan pola pikir pragmatis dan beralih ke realistis. Tidak lagi selalu bergantung pasokan sayuran, ikan dan ternak dari luar Kabupaten Gumas, tetapi mengelola potensi lahan untuk pengembangan pertanian dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera. (ahs)