Harus Peduli dengan Kesenian Daerah

Anggota DPRD Kabupaten Gumas, Rayaniatie Djangkan

, – Anggota Kabupaten Gumas, Rayaniatie Djangkan mengajak generasi muda untuk selalu peduli menjaga dan melestarikan berbagai kesenian daerah, sehingga tidak hilang ditelan zaman.

“Kita memiliki banyak kesenian daerah, baik itu di bidang seni musik dan seni tari seperti tari manasai, karungut, dan berbagai kesenian lainnya. Agar tetap lestari, diperlukan kepedulian generasi muda,” kata Raya, Senin (15/4/2024).

Dia mengatakan, berbagai kesenian daerah tersebut jangan sampai hilang begitu saja. Sudah menjadi tugas generasi muda untuk selalu menjaga serta melestarikan, sehingga tidak punah.

“Saat ini, hampir seluruh wilayah Kabupaten Gumas tersedia layanan internet. Hal ini membuat generasi muda dapat mengetahui dan mempelajari berbagai kesenian dari daerah lain melalui berbagai media,” katanya.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengakui, boleh saja generasi muda mempelajari berbagai kesenian dari daerah lain. Namun yang paling utama, mereka harus tetap menjaga, memelihara, dan melestarikan kesenian dari Kabupaten Gumas.

“Kesenian daerah dari daerah ini harus tetap dijaga dan lestarikan. Itu menjadi tugas semua, khususnya generasi muda. Kami juga menaruh harapan penuh kepada mereka untuk menjaga dan melestarikan kesenian daerah,” tuturnya.

Di samping itu, juga telah berupaya untuk terus mempertahankan berbagai kesenian dan daerah. Salah satu upaya tersebut dengan mengadakan agenda tahunan, yakni Festival Budaya Mihing Manasa. Bahkan, juga memiliki agenda tahunan, yakni .

“Dengan upaya itu, kesenian daerah akan selalu terjaga dan lestari. Pada intinya, jangan sampai kita sibuk mempelajari budaya dan kesenian daerah lain, dan malah membuat kesenian dan budaya sendiri terlupakan. Mari jaga dan lestarikan budaya daerah,” tukasnya. (ahs)