Sepakat Timbang Ukur Balita di Seluruh Posyandu

Ketua TPPS Kabupaten Gumas Richard didampingi Kepala Bapperida Yantrio Aulia, memimpin rakor persiapan rencana pelaksanaan intervensi serentak pencegahan stunting, di aula kantor bapperida setempat, Jumat (31/5/2024).

, – Tim Percepatan Penurunan (TPPS) Kabupaten melakukan rapat koordinasi (Rakor) sebagai persiapan rencana pelaksanaan intervensi serentak pencegahan stunting.

Ini menindaklanjuti surat edaran Kepala Nomor 3 Tahun 2024 tentang pelaksanaan kegiatan intervensi serentak pencegahan stunting di daerah.

Rapat dipimpin Ketua TPPS yang juga Sekda Gumas Richard, didampingi Kepala Bapperida Yantrio Aulia, Kepala Dinas Arnold, Kepala DP2KBP3A Rina Sari, seluruh kepala puskesmas, dan seluruh yang tergabung dalam tim TPPS.

“Dalam rakor itu, kami sepakat akan melakukan timbang ukur balita di seluruh posyandu dengan alat antropometri yang standar dan terkalibrasi dengan baik,” ujar Ketua TPPS Kabupaten Gumas Richard, Jumat (31/5/2024).

Rencananya, kick off timbang ukur balita dilakukan pada Rabu, 5 Juni 2024, di Taman Kota Kuala Kurun. Kemudian akan diikuti seluruh posyandu di wilayah Kabupaten Gumas. Saat ini, akan segera disusun instruksi Pj Bupati untuk pelaksanaan di Kabupaten Gumas.

“Hasil timbang ukur secara serentak serta intervensi dalam jadwal waktu yang sudah ditentukan ini harus segera dilaporkan ke sistem e-PPGBM,” jelasnya.

Dia meminta kepada seluruh organisasi perangkat daerah yang termasuk dalam TPPS agar melakukan intervensi sesuai dengan peran dan tugas masing-masing, agar pelaksanaan intervensi serentak dapat memberikan hasil yang maksimal.

“Kepada seluruh kepala puskesmas, saya minta agar serius dalam mendukung kelancaran setiap pelaksanaan intervensi stunting secara serentak ini,” tukasnya. (ahs)