Perkenalkan Daerah melalui Lomba Lari Lima Kilometer

Pembina Karang Taruna Kabupaten Gumas Binartha didampingi Ketua Karang Taruna Isnaini, saat berfoto bersama dengan panitia lomba lari lima kilometer, Senin (8/7/2024).

, Kabupaten akan menggelar lomba lari lima kilometer, pada 9 Agustus tahun 2024 mendatang. Perlombaan tersebut dalam rangka menyambut Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang ke-79 tahun 2024.

“Lomba ini juga untuk perkenalkan daerah kepada masyarakat luas, termasuk objek yang ada,” ujar Pembina Karang Taruna Kabupaten Gumas, sekaligus Ketua Panitia Lomba Binartha, Selasa (9/7/2024).

Dia menuturkan, kategori lomba yakni pelajar putra dan putri hingga kategori umum putra dan putri. Untuk kategori pelajar khusus pelajar yang berasal dari Kabupaten Gumas, sedangkan peserta kategori umum bisa dari luar Kabupaten Gumas.

“Sekarang ini, sudah ada pendaftar dari luar daerah yang tertarik mengikuti lomba lari lima kilometer. Kami berharap kegiatan ini dapat diikuti banyak peserta,” tuturnya.

Kepada pelajar atau masyarakat umum yang tertarik untuk mengikuti lomba lari lima kilometer tersebut, lanjut dia, pendaftaran akan dibuka minggu depan dan tidak dipungut biaya pendaftaran atau gratis.

“Rencana sebelumnya lomba akan digelar Bulan Juli 2024, namun diundur jadi 9 Agustus 2024, dengan total hadiah mencapai puluhan juta serta piala dan piagam penghargaan,” terangnya.

Dia mengatakan, rute pelaksanaan lomba lari lima kilometer, akan dimulai di Taman Kota Kuala Kurun melewati menuju Piere Tendean, lalu berbelok ke Brigjend Katamso menuju Letjend Soeprapto lalu ke Jalan Korpri. Kemudian belok ke Jalan Sangkurun, hingga berakhir kembali di Taman Kota Kuala Kurun.

“Rute lomba lari lima kilometer berbeda dari rute lari yang biasanya, karena ada jalan menanjak dan menurun yang menjadi tantangan tersendiri bagi peserta,” ujarnya.

Dia berharap lomba lari lima kilometer akan mampu mendatangkan rejeki bagi para pelaku , bisa meningkatkan pemasukan bagi usaha perhotelan, dan objek wisata sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. (ahs)