Kembangkan Hasil Produk UMKM dengan Manfaatkan e-Katalog

, – 40 pelaku di Kabupaten mengikuti sosialisasi matching berbasis e-katalog, yang dilaksanakan oleh Dinas , Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM setempat.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk mengembangkan hasil produk lokal para pelaku UMKM,” ujar Kabid Kelembagaan, Pemberdayaan dan Pengawasan Koperasi dan UKM Redianto, Rabu (2/10/2024).

Pelaku UMKM harus dapat memanfaatkan e-katalog untuk memasarkan hasil produk mereka. Apalagi di dalam e-katalog, tersedia informasi terkait berbagai macam produk yang dibutuhkan pemerintah.

“Pemerintah dan masyarakat dapat mengakses produk UMKM di e-katalog, sehingga menjadi tahu produk apa yang ingin dicari dan dibeli,” katanya.

Dengan memasarkan hasil produk pada e-katalog, maka diharapkan akan mendongkrak pendapatan pelaku UMKM. Terlebih dalam kegiatan business matching, mempertemukan para penjual dengan pembeli yang berbasis online.

“Kami ingin pelaku UMKM harus mampu berinovasi dan bertransformasi ke digital, sehingga semakin berkembang dan tidak tertinggal,” tuturnya.

Pengembangan UMKM sangat penting, mengingat lapangan usaha yang semakin sedikit dan terbatas serta kepemilikan lahan semakin sempit. Melalui pengembangan itu, akan bisa meningkatkan kesejahteraan , membuka lapangan usaha dan menciptakan lapangan kerja.

“Kesuksesan berusaha itu tidak dilahirkan dari bakat atau warisan, tetapi melalui proses, perjuangan dan sikap pantang menyerah,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Distransnakerkop dan UMKM Kabupaten Gumas Hulnan berharap, pelaku UMKM memanfaatkan e-katalog untuk pemasaran hasil produknya, karena melalui layanan e-katalog akan lebih cepat, mudah dan transparan.

“Pemerintah ingin menggerakkan produk lokal milik pelaku UMKM secara optimal melalui e-katalog, sehingga dapat meningkatkan pendapatan mereka,” tukasnya. (ahs)