Kecamatan Pulau Petak Juara Umum MTQ ke-46 Tingkat Kabupaten Kapuas

piala bergilir
Ketua LPTQ Kapuas KH Muchtar Ruslan menyerahkan piala bergilir kepada perwakilan Kecamatan Pulau Petak sebagai Juara Umum pada penutupan MTQ ke-46

, KUALA KAPUAS – Setelah berlangsung selama 3 hari dimulai sejak tanggal 2-4 Juli 2023, Musabaqah Tilawatil Qur'an ke-46 Tingkat Kabupaten Kapuas resmi telah berakhir, yang mana ditandai dengan pengumuman juara umum yang diraih oleh Kecamatan Pulau Petak dengan jumlah nilai akhir sebanyak 54.

Adapun untuk juara 1 diraih oleh dengan jumlah nilai 51, juara 2 kecamatan Tamban dengan jumlah nilai 39 dan juara 3 diraih Kecamatan Kapuas Murung dengan jumlah nilai 38.

Penutupan kegiatan tersebut dilakukan secara resmi oleh Kepala Kapuas H Hamidhan di Aula Kantor , Turut hadir juga Ketua LPTQ Kapuas KH Muchtar Ruslan, Ketua Panitia MTQ ke-46 H Suwarno Muriyat, Anggota Kapuas Darwandie, sejumlah Camat serta para pengurus LPTQ Kecamatan dan official.

Rasa bangga dan apresiasi atas berjalan dengan sukses dan lancarnya pelaksanaan MTQ ke-46 tahun 2023 ini disampaikan Kepala Kemenag Kapuas Hamidhan di dalam sambutannya.

Dimana menurutnya, sebagai generasi Islam maka harus membumikan Al-Quran, khususnya di wilayah Kabupaten Kapuas.

“Kami tentu mengapresiasi LPTQ Kabupaten Kapuas yang mampu melaksanakan event MTQ ke-46 yang sangat luar biasa ini. Saya juga mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi LPTQ tingkat kecamatan yang selalu di-support para Camat dan juga Kepala KUA di masing-masing kecamatan,” ungkapnya, Rabu (5/7/2023).

Dari sisi pelaksanaan, dirinya menilai MTQ tahun ini telah berjalan dengan lancar, dengan harapan kepada peserta agar jangan hanya sebatas mengejar kemenangan saja.

“Artinya ada yang lebih penting lagi yaitu memupuk motivasi kita untuk selalu lebih meningkatkan prestasi-prestasi kita, khususnya mengamalkan Al-qur'an di dalam kehidupan sehari-hari,” sambungnya.

Sementara itu, usai penutupan tersebut, Ketua LPTQ Kapuas KH Muchtar Ruslan menyebutkan penyelenggaraan MTQ ke-46 tingkat Kabupaten Kapuas ini telah berjalan dengan lancar dan menghasilkan beberapa kejuaraan untuk dibawa ke tingkat provinsi.

“Kami dari penyelenggara MTQ mengucapkan selamat atas keberhasilan Kecamatan Pulau Petak dalam meraih juara umum pada perhelatan tahun ini. Terima kasih juga atas perhatian dan bantuan dari semua pihak sehingga MTQ tahun ini berjalan aman, damai dan telah melahirkan juara-juara yang kita harapkan dapat mengharumkan nama Kabupaten Kapuas di tingkat yang lebih tinggi,” ungkapnya.

Adapun dalam laporannya, Suwarno Muriyat selaku Ketua Panitia menyebutkan Kafilah yang mengikuti tingkat Kabupaten Kapuas tahun 2023 sebanyak 17 kecamatan dengan jumlah peserta 344 orang dari 20 cabang yang dilombakan.

“Alhamdulillah semuanya berjalan lancar, aman dan sukses. Tentu semua ini dapat terlaksana berkat kerja sama dari seluruh panitia dan pihak-pihak yang ikut membantu,” ucapnya yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum LPTQ Kapuas.

Suwarno pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kapuas yang telah menyediakan hibah sehingga kegiatan MTQ ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Masih dalam kesempatan yang sama, usai dilakukannya penyerahan piala bergilir, Kepala KUA Kecamatan Pulau Petak, Supiani mengutarakan rasa syukurnya karena pada perhelatan MTQ ke-46 tahun ini pihaknya dapat meraih juara umum, yang mana keberhasilan ini atas kerjasama seluruh pihak, terutama para pelatih yang sudah menyiapkan para peserta di waktu-waktu sebelumnya untuk menampilkan yang terbaik. (put)