Datangi PT GIJ di Kapuas, Ini Temuan Komisi I DPRD Kalteng

Whatsapp Image 2023 09 27 At 2.35.24 Pm

, PALANGKA RAYA – Komisi I DPRD Provinsi melakukan kunjungan kerja ke perusahaan besar swasta kelapa sawit PT Graha Inti Jaya (GIJ) di Kabupaten . Kunjungan tersebut dilaksanakan selama tiga hari, 20-23 September 2023.

Ketua Komisi I , Yohanes Freddy Ering menjelaskan, tujuan kunker adalah melihat sejauh mana ketaatan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya, baik dalam hal membayar Air Permukaan (PAP), PBBKB dan masalah .

“Dari pertemuan dan pembicaraan terbukti PT GIJ sudah memiliki izin penggunaan air permukaan dan sudah rutin membayar pajak,” ucapnya, Rabu (27/9/2023).

Adapun dalam hal penggunaan BBM, sambung Fredy, memang sebagian masih menggunakan penyalur dari luar daerah.

“Terkait dengan itu, kita beri masukan agar memaksimalkan penyalur lokal, karena penyalur lokal juga sudah cukup tersedia,” ujarnya.

Sementara dalam pelaksanaan tanggung jawab perusahaan atau CSR, ungkap Freddy, perusahaan dilaporkan secara teratur setiap tahun memiliki rencana biaya (RAB) untuk CSR baik bagi desa-desa dan kecamatan sekitar, rumah-rumah ibadah, untuk lembaga/instansi Kabupaten Kapuas, dan juga dukungan untuk membenahi jalan-jalan desa sekitar perusahaan.

“Dan yang cukup menarik pada program CSR PT GIJ ini adalah Program Tanah Kas Desa, yaitu pemberian profit berupa uang hasil plasma untuk desa-desa di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Mantangai dan Kapuas Barat,” tandasnya.

Kunjungan Kerja Komisi I DPRD Kalteng ke PT Graha Inti Jaya ini diikuti 6 orang serta 1 tenaga ahli dan 2 staf yang diterima langsung oleh manager perusahaan PT GIJ, Sobekti Bendro dan staf. (asp)