Dinsos Kapuas Dorong Optimalisasi Fungsi SLRT-Puskesos

Whatsapp Image 2023 10 25 At 8.25.31 Pm
Kadinsos Kabupaten Kapuas, Yanmarto saat berada di ruangan kerjanya

BALANGANEWS, KUALA – Dinas Sosial Kabupaten Kapuas saat ini sedang berupaya untuk mendorong kembali optimalisasi fungsi Sistem Layanan Rujukan Terpadu-Pusat Kesejahteraan Sosial (SLRT-Puskesos) yang merupakan instrumen penting dalam sistem pelayanan sosial bagi masyarakat khususnya masyarakat prasejahtera.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Sosial () Kabupaten Kapuas, Yanmarto menyatakan bahwa dalam rangka memperluas akses layanan sosial terutama bagi masyarakat prasejahtera.

Dirinya mengatakan bahwa SLRT-PUSKESOS di Kabupaten Kapuas sejatinya telah dicanangkan oleh Kemensos sejak tahun 2020, namun sampai saat ini dirasakan belum optimal.

“Fungsi utama SLRT-PUSKESOS adalah berupa Pendampingan, Pemberdayaan dan Advokasi Sosial bagi masyarakat terutama masyarakat prasejahtera,” terangnya, Rabu (25/10/2023).

Mantan Kadis ini juga menyampaikan, masyarakat prasejahtera yang selama ini sudah tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) belum semuanya tersentuh oleh akses layanan sosial disebabkan oleh berbagai hal salah satunya kurangnya aksesibilitas layanan sosial. Aksesibilitas tersebut bisa berupa layanan dasar seperti layanan , pendidikan dan layanan sosial lainnya.

“Oleh karenanya dalam rencana tahun 2024, dengan dukungan pemerintah pusat dan provinsi bahkan dengan pelibatan dunia usaha, berencana akan meningkatkan cakupan layanan dasar sosial misalnya Kesehatan Gratis bagi masyarakat prasejahtera menuju UHC dan BPJS Ketenagakerjaan gratis untuk pekerja rentan bukan penerima upah,” pungkasnya.

Demikian pula diungkapkannya, untuk program sosial nasional seperti Program Harapan (PKH) diharapkan cakupannya dapat ditingkatkan melalui peningkatan usulan kuota kepada pemerintah pusat serta updating DTKS secara berkala. (put)