Wakapolres Kapuas Pimpin Pemeriksaan Senpi Milik Anggota

Whatsapp Image 2024 01 11 At 6.49.10 Pm
Wakapolres (berdiri kanan) saat memimpin pemeriksaan Senpi anggota Polres Kapuas

, KUALA – Dalam rangka memberikan rasa aman dan sinergi kepada masyarakat, dimana bahwa selalu ada untuk masyarakat, serta menghindari adanya pelanggaran anggota Polri, AKBP Gede Pasek Muliadnyana, melalui Wakapolres Kapuas Kompol Christian Maruli Tua Siregar memimpin kegiatan pemeriksaan dan pengecekan Senjata Api () dinas para anggota .

Pemeriksaan yang dilaksanakan secara teknis oleh Seksi Propam Kapuas, pada kegiatan itu, anggota yang memegang senjata api dinas secara bergantian menjalani pemeriksaan Senpi dinas.

Kapolres Kapuas AKBP Gede Pasek Muliadnyana, melalui Wakapolres Kapuas Kompol Christian Maruli Tua Siregar, mengatakan, pemeriksaan dan pengecekan Senpi merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara berkala oleh Polres Kapuas.

“Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengecek kelengkapan surat senjata, kelayakan senjata, kebersihan senjata, dan amunisinya, demi mencegah adanya pelanggaran yang dilakukan oleh anggota,” ucapnya, Kamis (11/1/2024).

Dirinya juga menambahkan, Senpi dinas yang dipegang anggota Polri, berfungsi untuk melindungi masyarakat ketika personel menjalankan tugas menjaga Kamtibmas. Dalam rangka itulah, pemeriksaan dan pengecekan Senpi dinas digelar oleh Polres Kapuas.

“Jangan sampai ada pelanggaran bagi pemegang Senpi. Kita tahu tidak semua personel diizinkan untuk memegang Senpi dinas. Personel yang memegang Senpi dinas harus memenuhi syarat dan kriteria yang ditentukan,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, anggota Polri yang memegang Senpi dinas harus memenuhi beberapa syarat antara lain dinyatakan sehat dan lulus tes serta mempunyai mental kepribadian yang baik. (put)