Sembilan WBP Rutan Kapuas Ikuti Konseling Rehabilitasi

WBP mengikuti kegiatan konseling rehabilitasi

, KUALA – Sebanyak sembilan orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rutan Kelas IIB telah mengikuti sesi konseling rehabilitasi yang diselenggarakan oleh konselor dari .

Dalam Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan dukungan psikologis dan rehabilitasi kepada para dengan harapan mereka dapat mengubah perilaku dan mempersiapkan diri untuk kembali ke masyarakat.

Konseling rehabilitasi kelompok dilakukan di Klinik Barigas dan melibatkan kelompok V dan VI dari WBP. Sesi konseling ini dipimpin oleh lbu Mariasi dan Winda Wati, konselor poli rehab adiksi RSUD dr. Soemarno, Kapuas. Petugas perawat dari Rutan Kapuas(Kartika) juga turut mendampingi dalam kegiatan tersebut.

Dalam sesi konseling, para narapidana menjalani pengkajian menggunakan SRQ 29 (Self Reporting Questionnaire) dan URICA (University of Rhode lsland Change Assessment), serta dilakukan pemeriksaan tanda vital seperti pengukuran tekanan darah.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kondisi psikologis dan kesiapan para narapidana untuk mengubah perilaku mereka,” kata Karutan Kapus David Anderson S.

Lanjutnya kegiatan konseling rehabilitasi merupakan langkah penting dalam upaya rehabilitasi dan pemulihan para narapidana.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan dorongan dan pemahaman yang lebih baik kepada narapidana untuk meraih perubahan positif dalam hidup mereka,” kata David.

Seluruh kegiatan di Rutan Kelas lB Kuala Kapuas berjalan dengan lancar, aman, dan sesuai dengan protokol yang berlaku. (put)