Kadisarpustaka Kapuas Ikuti Rakor Kearsipan Nasional

Kadisarpustaka Suwarno Muriyat, saat mengikuti kegiatan Rakor kearsipan

, – Kegiatan Peringatan Hari Kearsipan ke-53 yang dirangkai dengan berbagai agenda selama tiga hari itu diikuti hampir seribu peserta dari Kementerian, Lembaga Kearsipan Provinsi, Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Di mana dalam kegiatan tersebut yang dihadiri oleh hampir 1000 peserta di hotel Mercure Samarinda provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dibuka langsung oleh pelaksana tugas (Plt)
Kepala ANRI Imam Gunarto.

Dalam kesempatan itu, Kadisarpustaka Suwarno Muriyat, mengatakan peringatan Hari Kearsipan Nasional yang mengusung tema Sustainable Archiving for the Best Future (Kearsipan yang Berkelanjutan untuk Masa Depan Terbaik), dalam bentuk Rakornas Hasil Pengawasan Kearsipan, Penyerahan Penghargaan, Seminar, Rakor dan Bimtek.

“Saya mengikuti Rakornas, sementara Kabid Binwas Kearsipan, Kasi, Arsiparis dan staf ikuti Rakor Sinkronisasi dan Harmonisasi Layanan Arsip Statis di Samarinda, sedangkan Kabid Pengelolaan Arsip, Kasi, Arsiparis dan staf ikuti Bimtek Implementasi SRIKANDI di Kutai Kartanegara,” ungkap dia, Kamis (30/5/2024).

Mantan Kadisdik ini menambahkan jika arsip berperan penting dalam menjaga memori kolektif bangsa, sehingga diperlukan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan yang terintegratif.

“Tentu perannya sangat penting dalam menjaga dokumentasi tentang arsip bangsa dan negara yang nantinya dapat dilihat kembali oleh generasi penerus bangsa,” jelasnya. (Put)