Disarpustaka Gelar Bimtek Aplikasi Srikandi di Batam

Para peserta Aplikasi Srikandi saat foto bersama dalam kegiatan Bimtek

, – Dinas Kearsipan (Disarpustaka) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Srikandi di Batam tanggal 24-28 Juni 2024, dibuka oleh Kepala Disarpustaka Suwarno Muriyat.

Bimtek ini dilaksanakan guna memperkuat komitmen dalam menerapkan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Berbasis Elektronik (SPBE) dan akselerasi Implementasi SRIKANDI (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi).

Ia menambahkan jika Aplikasi Srikandi kini telah menjadi bagian dari komponen penilaian reformasi birokrasi dan arsip tidak lagi bermedia kertas. Pemerintah Daerah yang tidak konsisten menerapkannya, akan berdampak sulitnya melakukan korespondensi surat ke pemerintah pusat atau sebaliknya.

“Akhir 2023 ANRI telah menetapkan Nilai Indeks Tingkat Digitalisasi Arsip Pemerintah Kabupaten Kapuas 75,81 Sangat Baik (BB) Mari melalui Bimtek ini terus tingkatkan pengelolaan dinamis dan statis, pengawasan arsip internal dan eksternal serta digitalisasi arsip,” ucapnya, Senin (24/6/2024).

Sementara itu kegiatan tersebut dengan narasumber dari ANRI, sejumlah Kepala , Camat, Lurah dan Kades serta operator aplikasi Srikandi, diharapkan dapat bersama-sama meningkatkan kinerja bidang kearsipan. (put)