Cegah Bencana Karhutla, Diawali dengan Apel Gelar Pasukan dan Peralatan

Pj Bupati Kapuas melihat alat-alat yang akan digunakan untuk penanganan karhutla

BALANGANEWS, – Dalam persiapan menghadapi kebakaran hutan dan lahan (), Pemeritah daerah (Pemda) melaksanakan apel pasukan dan peralatan yang dilaksanakan di halaman kantor , Selasa (6/8/2024).

Adapun apel yang Gelar oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah () Kabupaten Kapuas tersebut, dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi dan dihadiri Sekda, juga para Forkopimda dan tamu undangan lainnya.

Dimana dalam apel gelar pasukan dan peralatan tersebut dalam bentuk memastikan kesiapan para Tim yang tergabung dari , , Relawan dan dinas terkait lainnya, saat menghadapi bencana Karhutla di wilayah Kabupaten Kapuas.

“Ini merupakan kesiapan dalam menghadapi Karhutla di mana saat ini telah memasuki musim kemarau yang sangat rawan akan terjadinya Karhutla pertama di Kabupaten Kapuas,” ucapnya.

Erlin juga menyampaikan dimana untuk menetapkan status siaga darurat bencana Karhutla terhitung dari mulai 22 Juli sampai dengan 19 Oktober 2024, dimana selama 90 hari, untuk nantinya terdapat langkah-langkah dalam pencegahan Karhutla.

“Tentu selama 90 nantinya ada langkah-langkah konkret dari semua stakeholder untuk dapat memetahkan sehingga bisa melakukan pencegahan terjadinya bencana karhutla diwilayah Kabupaten Kapuas,” pungkasnya.

Sementara itu dalam kegiatan apel dilakukan pengecekan alat-alat yang akan digunakan dalam seperti peralatan pemadam, kendaraan yang akan digunakan untuk patroli dan memantau lokasi-lokasi adanya titik hotspot. (put)