Pesta Siaga menjadi Seru dengan Berbagai Kegiatan Keterampilan Kepramukaan

Para peserta saat melaksanakan adu keterampilan dalam kegiatan keterampilan pramuka

, KUALA – Sebanyak dua ratus Siaga yang berpangkalan pada Gugus Depan di SD/MI se Kota , nampak seru dan antusias ikuti permainan juga lomba kepramukaan yang dikemas dalam Pesta Siaga.

Kakwarcab Kapuas Suwarno Muriyat dalam rilisnya menyatakan jika Pesta Siaga yang berlangsung sejak pagi hingga siang hari di Taman Kota Raja Bunu Kuala Kapuas, menjadi semakin seru karena berisi berbagai kegiatan menarik yang menguji keterampilan kepramukaan, kerja sama tim, tantangan serta pengetahuan tentang kepramukaan.

“Dengan kegiatan seperti ini kegiatan ini, kita berharap para peserta dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air, kedisiplinan, serta jiwa kepemimpinan yang kuat sejak dini serta menjadi ajang silaturahmi para peserta dan Pembina Gugus Depan untuk pererat rasa persaudaraan,” ucapnya, Rabu (14/8/2024).

Sementara itu, Muntoha selaku Panitia Pelaksana menyatakan jika Pesta Siaga merupakan salah satu dari rangkaian peringatan Hari Pramuka ke-63.

“Sebanyak lima materi lomba Pesta Siaga, yakni merangkai kata, pengucapan Dwi Darma, menyusun kalimat, permainan pingpong estafet dan pemasangan atribut siaga yang dilakukan secara perorangan maupun kekompakan regu,” lapor Muntoha.

Hal senada diutarakan pula oleh Mulyadi selaku Ketua Panhut ke-63 Gerakan Pramuka dilingkungan Kwartir Cabang Kapuas bahwa Pesta Siaga dan Kemah Penggalang memberikan inspirasi bagi generasi muda untuk terus melanjutkan semangat kepramukaan yang telah diwariskan oleh para pendahulu.

“Dimana hal ini sejalan dengan tema Peringatan Hari Pramuka ke-63 adalah Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI,” jelasnya. (Put)