100 Peserta Ikuti Pembekalan dan Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi

Para peserta saat melakukan pelantikan dalam kegiatan pembekalan

, – Untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi tenaga kerja di sektor konstruksi, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPUPRPKPP) Kabupaten melalui Bidang Bina Konstruksi yang bekerjasama dengan Balai Jasa Konstruksi wilayah V Banjarmasin melakukan kegiatan pembekalan dan uji sertifikasi tenaga kerja konstruksi,

Dimana dalam kegiatan itu dibuka langsung oleh Kepala Dinas PUPRPKPP Yan Hendri Ale yang diwakili Sekretaris Dinas PUPRPKPP Jonnie, di aula Kantor DPUPRPKPP Kabupaten Kapuas, Rabu (21/8/2024).

Jonnie dalam sambutannya mengatakan Kegiatan ini berkontribusi untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, serta pengakuan resmi terhadap kemampuan tenaga kerja yang terlibat dalam konstruksi.

”Kegiatan pembekalan dan fasilitasi sertifikasi tenaga kerja konstruksi harus dilakukan karena adanya regulasi yang mengharuskan tenaga kerja konstruksi memiliki sertifikat kompetensi kerja (SKK), pemerintah berupaya memastikan bahwa setiap pekerja memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar yang ditetapkan,” ucapnya.

Dalam laporannya Kepala Bidang Bina Konstruksi mengatakan pelaksanaan ini untuk membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan praktis serta memberikan pengakuan formal atas kemampuan mereka melalui sertifikat kompetensi, sehingga dapat memenuhi tuntutan sektor jasa konstruksi yang semakin kompleks.

Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan paparan dan pembekalan kepada peserta oleh Instruktur dari Balai Jasa Konstruksi Wilayah V Banjarmasin Purwan Jurianto dan praktek langsung di Workshop Dinas PUPRPKPP yang berada di Jalan Patih Rumbih. (Put)