DPRD Imbau Masyarakat dan PHBI Gelar Peringatan Tahun Baru Islam

69a45c7d badf 4739 96f1 6f910f9570a0
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Amirun

BALANGANEWS, – Tanggal 19 Juli 2023 merupakan tanggal 1 Muharram 1445 Hijriah, yang merupakan tahun baru bagi umat Muslim di seluruh dunia. Oleh karena itu, masyarakat dan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) diimbau untuk menggelar berbagai kegiatan dan melaksanakan upacara peringatan tahun baru hijriah dimaksud, sebagai hari puncaknya tahun baru Islam dimaksud.

Imbauan ini diungkapkan oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Amirun kepada sejumlah awak media, Jum’at siang (7/7/2023), di ruang loby DPRD setempat.

ADE S

Adapun kegiatan yang dianjurkannya, sebelum acara atau jelang puncak peringatan 1 Muharram 1445 Hijriah dimaksud menurutnya, seperti mengadakan tausyiah dengan mengundang ustadz ataupun ustadzah, baik lokal maupun dari luar daerah serta berbagai kegiatan bernuansa Islami. “Bagi bapak-bapak, bisa mengundang ustadz dan bagi ibu-ibu yassinan, bisa mengundang ustadzah untuk berceramah tentang nasehat dan ,” kata Amirun.

Terkait dengan datangnya tahun baru 1 Muharram 1445 Hijriah mendatang, legislator Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan () ini berharap selain peringatannya lebih meriah, di tahun itu nantinya, rezeki kita juga bisa meningkat. Di samping itu, pembangunan di daerah kita juga mengalami peningkatan. “Baik pembangunan fisik maupun pembangunan religi,” ujarnya, seraya berharap meningkatnya keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah subahanahuwata’ala.

Selanjutnya, di tahun baru Islam itu pula, kita semua menurutnya sudah sepantasnya mengucapkan syukur Alhamdulillah kepada Allah subahanahuwata’ala. “Karena, kita dapat kembali dipertemukan pada hari besar keagamaan kita di 1 Muharram 1445 Hijriah ini,” ucap anggota dewan asal dapil Katingan I yang meliputi wilayah , Tewang Sangalang Garing dan ini.

Di tempat terpisah, berdasarkan informasi pantauan media, PHBI Kabupaten Katingan, pada tanggal 11 Juli 2023, rencananya akan melaksanakan bakti sosial, yang mencakup dua kegiatan, diantaranya sunatan massal dan donor darah. Bertempat di sekretariat LPTQ Kabupaten Katingan, – Kasongan. (abu)