Dinas PTTK Berikan Keterampilan Kepada Masyarakat

6b0744ef 9239 4372 bec0 e2c72e653287
H Supardi

, – Dinas Perindustrian, dan Tenaga Kerja (PTTK) Kabupaten , melalui Unit Pelaksana kerja (UPK) Balai Latihan Kerja (BLK) setempat, dalam waktu dekat akan pelatihan berbagai keterampilan industri kecil dan menengah.

Demikian kata kepala Dinas PTTK setempat, H Supardi kepada sejumlah awak media, Jum'at pagi (11/8/2023), di ruang kerjanya.

Adapun beberapa jenis keterampilan dimaksud menurut H Supardi, diantaranya pelatihan computer, menjahit, las/bubut dan tata boga. Sedangkan Pelaksanaannya akan dimulai antara 15 hingga 30 Agustus 2023 yang akan datang. “Tempatnya di BLK Dinas setempat,” kata H Supardi.

Sementara waktu yang dibutuhkan untuk pelatihannya menurutnya, masing-masing jenis keterampilan berbeda-beda, ada yang hanya 1 minggu, 2 minggu, 3 minggu dan ada pula yang sampai 1 bulan.

Pesertanya, lanjutnya, adalah masyarakat dari beberapa wilayah Kecamatan dengan jumlah keseluruhan mencapai 100 orang peserta. “Sedangkan tujuannya, selain mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan masyarakat, juga sebagai tambahan penghasilan bagi masyarakat Katingan yang sudah berkeluarga,” terangnya.

Selanjutnya, untuk instruktur atau pelatihnya menurutnya, lantaran di dinas yang dipimpinnya ini belum memiliki instruktur, maka untuk melatih para peserta didatangkan dari luar daerah yang sudah memiliki sertifikasi bertaraf .

Menjawab pertanyaan media, dirinya membenarkan, jika setelah selesai pelatihan nantinya, seluruh peserta selain diberikan , juga diberikan sertifikat dan peralatan di masing-masing kelompok. Sehingga, ketika sudah selesai pelatihan nanti, mereka bukan hanya memperoleh ilmunya saja, “Tapi juga bisa melanjutkannya dalam usahanya secara mandiri,” harap mantan staf akhli di Setda Katingan ini. (abu)