Media Merupakan Pendukung Pembangunan Daerah

WhatsApp Image 2023 08 15 at 5.00.06 AM
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Endang Susilawatie

, – Media, baik dalam bentuk cetak, visual, elektronik maupun online merupakan salah satu pendukung di suatu daerah, baik berupa fisik maupun religi dan lain sebagainya.

Demikian kata Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten , Endang Susilawatie kepada sejumlah awak media, Senin pagi (14/8/2023), di ruang loby DPRD setempat.

Oleh karena itu, dirinya berharap kepada Pemerintah Daerah (Pemda) beserta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD)-nya, Pemerintah Kecamatan hingga Kelurahan dan Desa agar selalu bermitra kepada semua media yang ada di Kabupaten Katingan. Caranya, dengan melibatkan wartawan setiap ada kegiatan atau di saat mereka ingin konfirmasi. “Jangan kita elergi dengan wartawan atau media,” kata Endang.

Karena, seperti kita ketahui bersama seberapa banyakpun gedung-gedung milik yang dibangun dan sehebat apapun keberhasilan dan prestasi yang diraih para pejabat kita di daerah, jika tidak diungkapkan melalui media menurutnya tidak pernah pula diketahui oleh masyarakat kita yang bermukim di pedesaan atau daerah lainnya

Oleh karena itu, legislator ini berharap kepada Pemkab beserta jajarannya, agar melibatkan setiap adanya kegiatan di OPD-nya masing-masing. “Misalnya Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga menggelar Festival Seni dan Budaya Penyang Hinje Simpei, undanglah semua wartawan untuk meliputnya,” ujarnya.

Begitu pula, lanjutnya, ketika wartawan ingin menemui kepala dinas, untuk konfirmasi sesuatu, hadapilah mereka dengan baik. Suruh mereka masuk. “Jangan sampai ada alasan masih sibuk atau alasan lainnya,” ingatnya.

Terkait dengan keterlibatan wartawan dalam pembangunan daerah, dirinya memberikan salah satu contoh, misalnya pemberitaan obyek wisata, yang sebelumnya tidak diketahui oleh masyarakat yang ada di luar daerah, akhirnya diketahui mereka. Sehingga mereka mencoba untuk mengunjunginya. Jika obyek wisata tersebut menjadi favorit, maka mereka akan kembali mengunjunginya. Kian banyak yang berkunjung ke obyek wisata tersebut akan semakin banyak pula Pendapatan Asli Daerah () yang dihasilkan Pemkab Katingan. “Itu semua, salah satu kontribusinya adalah berkat adanya keterlibatan media,” jelas anggota dewan asal dapil Katingan I yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Hilir, Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan ini. (abu)