Kurangi Aktivitas di Luar Rumah di Saat Suhu Panas Ini

WhatsApp Image 2023 09 03 at 10.33.59 PM
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, H Hanafi

BALANGANEWS, – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () , H Hanafi mengimbau kepada masyarakat Katingan agar mengurangi aktivitas di luar rumah. Imbauan ini diungkapkannya kepada awak media, Sabtu (2/9/2023) kemarin.

Karena, di panas saat yang sudah berlanjut beberapa bulan ini berdampak terhadap bertebarannya debu dan asap bekas terbakarnya hutan dan lahan di wilayah kita. “Khawatirnya akan berakibat terserangnya penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan beberapa penyakit lainnya,” kata H Hanafi.

Jika memang terpaksa juga ke luar rumah, legislator () ini menyarankan kepada masyarakat agar menggunakan masker. “Sehingga, tebaran debu dan asap yang melayang-layang di udara tersebut dapat mengurangi serapannya melalui hidung kita,” sarannya.

Terkait dengan pemakaian masker dimaksud, dirinya berharap kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan, melalui instansi terkait agar membagi-bagikan masker kepada masyarakat, khususnya masyarakat kita di Kabupaten Katingan. “Bagikan masker kepada masyarakat seperti kita membagikannya di saat daerah kita mengalami pandemi corona (Covid) setahun yang lalu,” harapnya.

Selain itu, semua Puskesmas di masing-masing Kecamatan dan Pustu di masing-masing Desa dan Kelurahan, lanjutnya, agar memastikan keberadaan stok obat-obatan berbagai jenis penyakit, terutama obat-obatan yang disebabkan oleh cuaca yang panas, debu dan asap yang bertebaran di udara selama beberapa bulan ini. Jika ada jenis obat yang habis, mulai sekarang bisa meminta kepada instansi terkait. “Jangan sampai saat pasien mau berobat, obatnya habis,” tegas anggota dewan asal dapil Katingan I yang meliputi wilayah Kecamatan , Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan ini. (abu)