Minta Pembangunan Median Jalan Diperkecil

947ac41e 0c36 4c18 920c 92015929771f
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Muhamad Fakhrudin, ST

, KASONGAN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () Kabupaten Katingan, Fakhrudin, minta median jalan di lintas trans Kalimantan yang akan dianggarkan di tahun anggaran 2024 mendatang diperkecil dari yang sudah dibangun pada tahun 2022 dan tahun 2023.

Permintaan yang ditujukannya kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat ini diungkapkannya kepada sejumlah awak media, Rabu pagi (18/10/2023), di ruang loby DPRD setempat.

Maksudnya, lebar median tersebut dikurangi. Sehingga, selain dapat mengurangi anggarannya, juga memperlebar badan jalan tersebut. Sedangkan untuk tanaman di median jalan tersebut tidak perlu pepohonan yang besar, tapi cukup bunga-bungaan saja.

Karena, yang kita butuhkan menurutnya bukan untuk untuk menanam pohon di median jalan tapi bagaimana mengantisipasi di ruas jalan tersebut. Setidaknya dapat meminimalisir angka kecelakaan lalulintas di jalan tersebut.

“Jadi, tidak perlu dibangun median jalan dengan ukuran lebar,” kata anggota dewan dari dapil Katingan I yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Hilir, Tewang Sangalang Garing dan ini.

Selain median jalan, dirinya juga berharap pemasangan lampu di sepanjang median jalan yang pernah dijanjikan oleh Dinas Perkimtan Kabupaten Katingan beberapa waktu lalu itu, setelah rampungnya pembangunan median jalan yang sedang dikerjakan pada tahun anggaran 2023 ini bisa secepatnya dipasang.

“Tujuannya untuk memberikan penerangan kepada para pengendara yang melintasi di sepanjang yang ada median jalannya itu,” harap legislator Partai Amanat Nasional () ini. (abu)