Sismord Meningkatkan Hasil Pertanian di Katingan

Whatsapp Image 2023 11 09 At 4.16.45 Pm
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Yudea Pratinida

BALANGANEWS, – Berkat sistem irigasi modern (Sismord) yang sudah berjalan selama satu tahun di sejumlah lahan pertanian yang ada di puluhan desa di wilayah Kecamatan saat ini hasil pertanian dari ratusan di masing-masing desa meningkat.

Demikian kata Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten , Yudea Pratinida kepada sejumlah awak media, Kamis (9/11/2023), di ruang loby DPRD setempat.

Pasalnya, dengan sudah beroperasinya Sismord tersebut selama hampir satu tahun ini menurut legislator PDI Perjuangan ini, dapat memperlancar pengairan (irigasi) di semua lahan pertanian di wilayah Kecamatan Katingan Kuala.

“Artinya, lahan pertanian di semua desa yang ada di Kecamatan Katingan Kuala tersebut, kini tidak lagi mengalami kendala, tapi airnya selalu mengalir dari lahan yang satu ke lahan lainnya,” kata Dea.

Dengan meningkatnya hasil pertanian menurutnya tentu saja berimbas pula terhadap para petani, khususnya ratusan petani yang ada di Kecamatan Katingan Kuala.

“Hal tersebut, sesuai dengan pengakuan dari beberapa petani setempat saat saya melakukan reses di Kecamatan Katingan Kuala pekan lalu,” ujarnya.

Meskipun pengakuan dari beberapa petani atau masyarakat di Kecamatan Katingan Kuala, bahwa hasil panennya pada tahun 2023 ini meningkat dari tahun-tahun sebelumnya, namun untuk pemasarannya menurutnya mengalami kendala.

“Oleh karena itu, saya berharap kepada Pemkab setempat melalui Perusahaan Daerah (Perusda) dapat membantu untuk memasarkannya ke beberapa perusahaan swasta yang beraktivitas di Kabupaten Katingan dan ke ribuan PNS lingkup Pemkab Katingan,” harapnya.

Karena, jika hanya mengharapkan para pengepul dari dan dari Banjarmasin () yang membelinya menurutnya kurang optimal. Pasalnya, pengepul dalam pembeliannya sesuai dengan kebutuhan dan dengan yang terbatas.

Terkait dengan meningkatnya produksi pertanian pada tahun 2023 ini, selain mengapresiasi kepada para petaninya, lantaran kegigihannya dalam mengelola lahan pertaniannya dirinya juga sangat mengapresiasi kepada manajemen Sismord.

“Pasalnya, meningkatnya produksi beras dari petani di Katingan saat ini, tentu saja tidak terlepas dari lancarnya pengairan di semua lahan pertanian di Kecamatan Katingan Kuala,” aku anggota dewan asal dapil Katingan II yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Kuala, Mendawai, Kamipang dan Tasik Payawan ini. (abu)