Warga Antusias Beli Bahan Pangan di Pasar Penyeimbang

Whatsapp Image 2023 11 09 At 4.41.55 Pm
Masyarakat Kota Kuala Kurun mengantre untuk membeli bahan pangan yang dijual DPKP bekerjasama dengan Gudang Bulog Kuala Kurun, Kamis (9/11/2023)

BALANGANEWS, – Untuk kelima kalinya, Dinas dan (DPKP) Kabupaten bekerjasama dengan dan Balai Benih Ikan () Kurun melaksanakan , di taman kota kuala kurun.

”Warga sangat antusias dan rela mengantre. Hanya dalam waktu kurang lebih satu jam, bahan pangan yang dijual sudah habis dibeli masyarakat,” ujar Kepala DPKP Kabupaten Gumas, Eigh Manto, Kamis (9/11/2023).

Dia mengatakan, ada yang berbeda dalam pelaksanaan pasar penyeimbang kali ini. Sebelumnya hanya menjual beras dengan harga murah, namun untuk kali ini selain beras, juga dijual minyak goreng, gula pasir, ikan nila dan ikan patin.

”Kami berharap pasar penyeimbang dapat membantu warga, khususnya dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari,” tuturnya.

Dalam pasar penyeimbang, masyarakat bisa membeli bahan pangan dengan harga dijual lebih murah dari harga di pasaran. Untuk satu karung beras lima kilogram dijual Rp 54.000, satu tabak ayam Rp 46.000, minyak goreng Rp14.000 per liter, gula pasir Rp16.000 per kilogram, ikan nila Rp40.000 per kilogram, dan ikan patin Rp25.000 per kilogram.

”Bahan pangan yang habis terjual dalam pasar penyeimbang tersebut yakni 360 liter minyak goreng, 350 kilogram gula pasir, dua ton beras, 129,2 kilogram ikan patin, dan 20 kilogram ikan nila,” jelasnya.

Pelaksanaan pasar penyeimbang ini merupakan upaya untuk mengintervensi dan menstabilkan harga bahan pangan di pasaran, sehingga akan dapat menghindari adanya spekulan yang mengambil keuntungan di tengah inflasi yang terjadi.

”Nanti kegiatan pasar penyeimbang tersebut akan kembali dilakukan di berbagai kecamatan untuk membantu masyarakat,” tandasnya. (ahs)