Tumpukan Sampah di Desa Hampalit Jadi Sorotan Anggota DPRD

Whatsapp Image 2024 01 13 At 11.41.49 Pm

BALANGANEWS, – Tumpukan di bahu jalan /jalan Baun Bango KM 2 Desa Hampalit Kecamatan Kabupaten Katingan, kembali menjadi sorotan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () Kabupaten Katingan, H Hanafi, yang diungkapkannya kepada sejumlah awak media, Sabtu (13/1/2024).

Sampah yang bertumpuk-tumpuk di bahu jalan tersebut menurut H Hanafi, selain memang sering terjadi seperti itu, lantaran sering terlambat pengangkutannya ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), sampah di bahu jalan tersebut sebenarnya bukan di bahu jalan itu tempat pembuangan yang resmi (legal), tapi sudah ada TPS tersendiri. Namun, lantaran TPS nya sudah penuh, sehingga masyarakat membuangnya di bahu jalan tersebut. Seperti yang kita saksikan pada hari ini, ada beberapa tumpukan sampah yang belum terangkut.

Whatsapp Image 2023 12 13 At 8.54.37 Pm

“Tumpukan sampah tersebut sudah beberapa hari belum diangkut ke TPA,” terangnya.

Dengan tumpukan sampah tersebut menurutnya, selain menganggu pemandangan, yang dibarengi dengan bau yang tak sedap, juga mendatangkan berbagai penyakit. Karena, sampah-sampah yang bertumpuk tersebut bukan hanya sampah kering saja, tapi banyak juga sampah yang basah.

“Baik dari sisa makanan, buah yang membusuk dan lain sebagainya,” terang legislator PPP ini.

Apalagi dalam beberapa hari mendatang, tepatnya pada hari Jum’at (19/1/2024) yang akan datang, di Masjid Al Muhajirin Kereng Pangi Desa Hampalit Kecamatan Katingan Hilir itu akan diselenggarakan peringatan dan haul guru sekumpul. Dalam acara itu nanti yang datang bukan hanya masyarakat lokal saja, tapi ada ribuan bahkan puluhan ribu kaum muslimin dan muslimat dari berbagai daerah Kabupaten Dan Kota. “Baik dari Kabupaten dan Kota se Kalteng, Kalsel, Kalbar maupun dari pulau Jawa,” ujarnya.

Sehubungan dengan itulah, sebelum acara tersebut berlangsung, dirinya berharap kepada Dinas Hidup (DLH) Kabupaten Katingan agar mengupayakannya untuk membersihkan tumpukan-tumpukan sampah tersebut.

“Sehingga, arus lalulintas di jalan tersebut lancar dan tidak menimbulkan bau tidak sedap bagi masyarakat yang akan mengunjungi acara haul guru sekumpul di Masjid Al Muhajirin itu nantinya,” harap anggota dewan asal dapil Katingan I yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Hilir, dan Tewang Sangalang Garing ini. (abu)