Kenali Potensi Ancaman Bencana di Sekitar Tempat Tinggal

Pj Bupati Katingan, Saiful saat membuka rakor kesiapsiagaan bencana yang digelar BPBD Kabupaten Katingan, Kamis (16/5/2024), di aula kantor Bappedalitbang setempat

, – Pj Bupati , Saiful mengajak kepada kita semua untuk lebih mengenali potensi ancaman di sekitar tempat tinggal atau di sekitar lingkungannya, untuk kemudian dapat menurunkan resiko yang mungkin terjadi.

Ajakannya ini disampaikannya dalam sambutannya pada acara rapat koordinasi (Rakor) kesiapsiagaan antisipasi menghadapi bencana di daerah , Kamis sore (16/5/2024), di aula kantor Bappedalitbang Kabupaten Katingan.

Maksudnya, untuk masyarakat Katingan yang berada atau bertempat tinggal di kawasan rawan bencana menurut Saiful harus tanggap dengan bencana, sehingga dapat membantu meminimalkan korban akibat bencana. “Hal yang tak kalah pentingnya juga, perlunya komunikasi, koordinasi dan persamaan persepsi, penyampaian informasi antar lembaga terkait dan pengambilan keputusan,” kata Saiful.

Selanjutnya, dirinya menegaskan pula kepada para Camat se-Kabupaten Katingan di 13 Wilayah Kecamatan agar selalu melaksanakan koordinasi kepada instansi terkait, seperti setempat, Forkopimcam, para Kades dan relawan di wilayahnya masing-masing. “Selain itu upaya-upaya pengurangan resiko bencana dengan cara membuka forum sosialisasi di daerah rawan bencana dan pemberdayaan relawan di wilayahnya masing-masing,” ujarnya.

Terkait dengan tujuan rakor kesiapsiagaan penanggulan bencana yang digelar oleh BPBD Kabupaten Katingan pada sore hari ini, menurutnya untuk meningkatkan sinergitas antar lembaga, dunia usaha, media dan masyarakat sebagai upaya kesiapsiagaan untuk mengurangi resiko bencana. Karena penanggulangan bencana merupakan urusan kita bersama.

Hadir dalam kegiatan tersebut, selain sejumlah kepala Organisasi Peringkat Daerah (OPD), Camat di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan terkait, juga sejumlah , beberapa pimpinan perusahaan , HPH, Masyarakat Peduli Api (MPA) di beberapa desa di Kabupaten Katingan dan sejumlah instansi vertikal terkait lainnya. (abu)