Disdik Katingan Gelar Berbagai Perlombaan Untuk PAUD

Sejumlah guru PAUD dan TK ikut meramaikan penutupan acara Gebyar PAUD 2024, Rabu (22/5/2024), di halaman kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Katingan

, KASONGAN – Dalam rangka memeriahkan peringatan hari (Hardiknas), (Disdik) gelar berbagai lomba untuk anak-anak sekolah setara Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan siswa TK yang dilaksanakan sejak Senin hingga Rabu (20-22/5/2024), di halaman kantor Disdik setempat.

Sedangkan pesertanya, selain dari puluhan siswa setingkat PAUD, juga beberapa dari siswa Taman Kanak-kanak (TK) yang berdomisili di wilayah Kecamatan Kabupaten Katingan. Hadir dalam kegiatan tersebut, selain ratusan peserta, juga puluhan orangtua/wali murid dari berbagai sekolah PAUD dan TK.

Di dalam kegiatan tersebut, anak-anak selain mengikuti berbagai jenis perlombaan untuk anak-anak, juga diberikan edukasi oleh kepala bidang (kabid) Pembinaan PAUD, serta diberikan kesempatan pula kepada para pelaku untuk mempromosikan produk rumah tangga (home industri)nya masing-masing, utamanya home industri di bidang makanan ringan khas Katingan, dengan catatan produk sendiri.

Kepala Disdik Kabupaten Katingan, Feriso saat dikonfirmasi, Rabu (22/5/2024), di ruang kerjanya, kepada sejumlah awak media mengatakan kegiatan ini digelar oleh bidang PAUD Disdik setempat, dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

“Tujuannya, untuk membuat seluruh siswa PAUD di Kabupaten Katingan merasa senang dalam kegiatan tersebut,” kata Feriso.

Sedangkan tujuan yang lebih spesifiknya menurutnya, anak-anak dapat melakukan kreatif sendiri, bukan pasif tapi aktif dan mudah bersosialisasi. Bukan hanya dengan teman sekelas dan teman satu sekolah saja, tapi kepada teman-teman setingkat mereka dari berbagai sekolah PAUD dan TK.

“Karena, di dalam lomba gebyar PAUD ini ada puluhan jenis lomba yang diikuti oleh seluruh siswa TK dan PAUD,” terangnya, seraya menyebutkan dua diantara jenis lombanya, yakni lomba membawa kelereng di dalam sendok makan dan lomba show.

Adapun hasil yang ingin dicapai dari berbagai jenis lomba yang diikuti para peserta menurutnya, ke depan mereka bukan hanya bisa mandiri saja, melainkan bisa pula menciptakan kreativitas sendiri, meningkatkan Percaya Diri (PD) untuk bisa tampil di hadapan orang banyak (khalayak ramai) sedini mungkin dan menguatkan karakter mereka.

“Sehingga, ketika sudah remaja nanti, mereka tidak lagi merasa minder ketika diminta tampil di hadapan khalayak ramai untuk berpidato, mengontraksikan hobinya dan lain sebagai,” ujarnya.

Bahkan, dengan Kegiatan seperti ini pula, dampak positifnya ke depan, mereka menurutnya akan lebih cepat pula menyesuaikan diri ketika beradaptasi di salah satu daerah.

“Dengan cara ini juga, kami yakin mereka akan mempunyai kepribadian yang tangguh,” tutur mantan kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ini. (abu)