Sekda Katingan Membuka Secara Resmi Lokakarya Pengelolaan Hutan Lestari

sekda katingan
Sekda Katingan Pransang saat membuka kegiatan, di aula kantor BPKAD Kabupaten Katingan, Kamis pagi (9/2/2023)

, – Sekretaris Daerah (Sekda) , Pransang secara resmi membuka lokakarya pengelolaan hutan lestari, Kamis pagi (9/2/2023), di aula kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) setempat.

Hadir sejumlah Camat di , perwakilan dari UPT Dinas Kehutanan di Katingan, perwakilan dari beberapa perusahaan, masyarakat dan elemen terkait serta undangan lainnya.

Sekda Katingan, Pransang dalam sambutannya mengatakan, melalui kegiatan lokakarya membangun prosedur monitoring implementasi pengelolaan hutan lestari ini merupakan syarat aspek pengawasan. “Oleh karena itu kiranya dapat menghasilkan suatu kesepakatan bersama,” kata Pransang.

Dengan demikian, dirinya berharap dapat diterima semua pihak. Khususnya unit pengelolaan hutan, agar dapat berkelanjutan dari segi ekologis, yang sudah tentu diharapkan mampu memberikan nilai yang memadai bagi masyarakat pengelolanya.

Terkait hal ini, dirinya mengimbau kepada WWF – Indonesia , sebagai pelaksana lokakarya agar tetap melakukan proses pendampingan. Khususnya pada aspek pengawasan dalam proses pengelolaan hutan lestari, yang mana prakteknya dilakukan oleh perhutanan dan kelembagaan pada wilayah kelola KPHP.

Sehingga dapat tetap sasaran dan konstitusional serta dapat memberikan masukan-masukan yang relevan.

“Sedangkan tujuannya, untuk pengembangan ekonomi di lokasi perhutanan sosial dan kelembagaan petani tersebut,” terangnya. (abu)