Penyaluran Beras Gratis untuk Masyarakat Katingan 

Elmon
Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Katingan, Elmon Sianturi, SH., MH

, KASONGAN – Sebagai tindaklanjut pengendalian oleh pemerintah secara tuntas, Pemerintah Pusat melalui Kementerian RI dalam waktu dekat akan menyalurkan bantuan pangan kepada masyarakat di seluruh Indonesia, termasuk masyarakat .

Demikian yang dikatakan Kepala Dinas Sosial () Kabupaten Katingan, Elmon Sianturi, SH., MH kepada sejumlah awak media, Kamis pagi (30/3/2023), di ruang kerjanya.

Namun, untuk penyalurannya menurut Elmon masih menunggu petunjuk pelaksana dan petunjuk teknis (juklak dan juknis) yang saat ini sedang dilaksanakan pada pukul 10.00 Wib secara daring, yang dihadiri oleh Badan Pangan Nasional (BPN), Bulog, Kementerian Sosial (Kemensos) dan Kementerian Pertanian ().

Adapun informasi rencana penyaluran bantuan dimaksud berdasarkan salinan keputusan menurutnya, selain berupa beras sebanyak 10 Kg, juga daging unggas dan unggas. “Ketiga macam item bantuan gratis ini untuk masing-masing Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” sebut Elmon

Kesimpulannya, penyaluran bantuan ini nanti menurutnya, merupakan wewenang Bulog, yang diberikan secara cuma-cuma atau gratis kepada masyarakat Katingan yang benar-benar tepat sasaran. “Yaitu, kepada KPM,” katanya.

Menjawab pertanyaan media, yang termasuk dalam golongan KPM menurutnya, adalah masyarakat Katingan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) RI. Artinya orang tersebut status sosialnya adalah masyarakat kurang mampu. Sedangkan KPM di daerah kita sudah masuk di Kemensos.

“Makanya, saat Bulog akan membagikan atau menyerahkan bantuan itu nantinya, harus menyesuaikan dengan data KPM yang dibuat oleh Kemensos RI,” ujarnya.

Sedangkan berapa jumlah KPM yang ada di bumi Penyang Hinje Simpei ini menurutnya itu bisa diungkapkan setelah hasil pertemuan hari ini, Kamis pagi (30/3/2023) bersama beberapa Kementerian terkait. (abu)