Warga Hampalit Ini Sudah Ditemukan Setelah Sempat Dilaporkan Hilang

Muhammad Husain
Muhammad Husain saat ditemukan oleh tim gabungan, Minggu siang (16/4/2023) dalam kondisi sehat

, KASONGAN – Sempat dilaporkan hilang, Muhammad Husain (48) warga Desa Hampalit Kecamatan Kabupaten Katingan, kini sudah ditemukan oleh tim gabungan.

Tim gabungan yang terdiri dari anggota pemadam (Damkar) Babinsa , personil Polres Katingan dan Badan Penanggulangan Daerah () Kabupaten Katingan menemukan korban di dalam hutan tempat ia tersesat, Minggu (16/4/2023).

Menurut Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Katingan Budiman L Gaol, pihaknya mendengar informasi warga desa Hampalit yang diduga hilang di KM 9 Desa Talian Kereng, langsung menurunkan timnya yang dipimpin koordinator lapangan Kepala Pos Damkar Deby Kurniawan.

Setelah melakukan penelusuran ke dalam hutan, tim gabungan Minggu siang (16/4) sekitar pukul 12.10 Wib menemukan korban dengan kondisi pakaian dan celana basah. Kemudian, para tim bergegas keluar hutan mengikuti tanda tali rafia yang digunakan sebagai penanda jalan.

“Kita bersyukur proses pencarian membuahkan hasil yang bagus, kini korban sedang memulihkan tubuhnya dan akan kembali ke rumahnya,” kata Budiman, Minggu (16/4/2023).

Menjawab pertanyaan media, meskipun hingga sekarang kronologis korban tersesat di dalam hutan tersebut belum diketahui, namun dirinya mengimbau ke warga untuk tetap berhati-hati dalam menjalankan aktivitas terutama bila bepergian ke hutan.

Intinya, ketika terkuak adanya berita warga yang hilang, tim gabungan menurutnya langsung menurunkan satu unit Damkar, kemudian menggunakan alat seperti untuk membuat jalan di hutan dan tali rapia.

“Korban saat ditemukan selain dalam kondisi pakaian dan celana basah, membawa peralatan memancing,” terang Gaol.

Adapun kronologis sebelum hilangnya Muhammad Husain yamg biasa dipanggil Bapak Ipti itu, pamit pada hari Sabtu (15/4) sekitar pukul 14.00 wib, dengan menggunakan kendaraan roda dua TNBK 2968 NQ.

Setelah ditunggu oleh pihak keluarganya hingga tengah malam tak kunjung pulang ke rumahnya, akhirnya istrinya meminta bantuan kepada tetangga di sekitar tempat tinggalnya serta sejumlah tim gabungan. Setelah dilakukan pencarian, akhirnya ditemukan pada hari Minggu (16/4) dalam kondisi sehat wal afiat. (abu)