Jalan Kereng Humbang-Tumbang Kaman Sedang Diperbaiki

jalan rusak

BALANGANEWS, KASONGAN – Kerusakan beberapa titik badan jalan di sepanjang jalan Soekarno Hatta antara Kereng Humbang Kelurahan Kecamatan menuju Desa Tumbang Kaman Kecamatan Sanaman Mantikei Kabupaten sedang diperbaiki.

Demikian kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Katingan, Christian Rain, melalui kepala bidang (Kabid) Binamarga setempat, Eka kepada sejumlah awak media, Jum’at pagi (19/5/2023), di ruang kerjanya.

Adapun untuk perbaikan sementara tersebut menurut Eka, menggunakan anggaran kontrak yang disebut kontrak long segment. Kontraknya dengan rekanan yang sudah menjadi pemenang tender. “Rekanan tersebut wajib melakukan perbaikan setiap ada kerusakan jalan tersebut, hingga selesai, sesuai dengan perjanjian kontrak yang ditandatangani oleh pemberi kerja dan penerima kerja” kata Eka, seraya menyebutkan awal dimulainya pekerjaan tersebut, yakni sejak 11 Mei 2023 yang lalu.

Intinya, jika ada kerusakan jalan trans Kabupaten yang dibangun dengan menggunakan Anggaran Pembangunan dan Belanja Daerah () Kabupaten Katingan tersebut menurutnya, Kabupaten Katingan selalu melakukan perbaikan.

Jika kerusakannya tidak terlalu berat menurutnya akan dilakukan penimbunan di titik jalan yang rusak tersebut. Sedangkan materialnya, bisa menggunakan tanah uruk dan bisa pula agregat. “Oleh karena penanganannya hanya untuk sementara, sehingga akan dilanjutkan lagi dalam rehab jalan yang akan diprogramkan di dalam APBD di tahun anggaran selanjutnya,” terangnya.

Meskipun tetap dilakukan rehab namun lantaran mengingat keterbatasan anggaran, sehingga program yang  dimasukan nanti, lanjutnya, adalah jalan yang kerusakannya terparah. “Sedangkan yang kerusakannya biasa, akan kami perbaiki sementara saja, seperti melakukan penutupan lubang dengan tanah uruk atau agregat,” ujarnya.

Selanjutnya jika kerusakannya adalah jalan Provinsi maka yang berwenang menurutnya adalah Dinas Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Baik untuk pembuatan jalan, peningkatan jalan maupun pemeliharaan jalannya, semuanya ditangani oleh Dinas PUPR Provinsi Kalteng.

Kendati yang rusak jalan Provinsi, namun Dinas PUPR Kabupaten Katingan menurutnya selalu melakukan hubungan komunikasi dan koordinasi dengan Dinas PUPR Provinsi Kalteng. Seperti jalan di KM 30 arah , misalnya . “Saya sangat berterima kasih kepada Dinas PUPR atas responnya yang selalu cepat menanggapi laporan kita,” akunya. (abu)