OJK Kalteng Edukasi Kaum Difabel, Pelaku UMKM dan Transportasi Online di Kobar

BALANGANEWS, – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalimantan Tengah (Kalteng) memberikan edukasi keuangan kepada Kaum Difabel, Pelaku , dan Online di Kotawaringin Barat (Kobar).

Kegiatan ini merupakan langkah OJK bersama Lembaga Jasa Keuangan untuk mengedukasi seluruh lapisan masyarakat di Kobar, dan dalam rangka meningkatkan indeks literasi keuangan di Provinsi Kalteng.

Kepala OJK Provinsi Kalteng, , menyampaikan bahwa OJK hadir dan memberikan dorongan kepada Lembaga Jasa Keuangan di daerah untuk memberikan kemudahan akses layanan jasa keuangan kepada pelaku UMKM hingga kaum penyandang disabilitas agar dapat memperoleh akses permodalan.

Hal itu dilakukan tambah Primandanu, dalam rangka melindungi konsumen agar tidak terjebak dengan adanya modus-modus kejahatan yang kian marak.

Lebih lanjut, OJK juga senantiasa melaksanakan edukasi keuangan secara masif ke seluruh lapisan agar masyarakat lebih berhati-hati apabila memperoleh tawaran yang tidak diketahui asal usulnya.

“Saya berharap agar masyarakat selalu berhati-hati dalam memilih produk layanan jasa keuangan serta bijak dalam mengelola keuangan, ingat selalu 2L: Legal dan Logis, cek selalu legalitas Lembaga jasa keuangan ke OJK serta logis atas imbalan hasil yang ditawarkan,” terang Primandanu, Senin (24/6/2024).

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai pengenalan OJK, Waspada Investasi serta bahaya ilegal oleh Noor Bima Haru Kurniawan selaku Pengawas Junior dari OJK Provinsi Kalteng.

Kemudian dari Bank Indonesia Provinsi Kalteng oleh Akhkim Kuncorojati selaku Manager Fungsi Data Statistik dan Keuangan Bank Indonesia yang memberikan materi mengenai strategi pengembangan digitalisasi di Daerah.

Selanjutnya, materi oleh Dwi Nugroho selaku Relationship Manager Korporasi dan Institusi PT Cabang Pangkalan Bun mengenai program serta manfaat dari produk-produk PT BPJS Ketenagakerjaan.

Terakhir materi oleh Sony selaku Bagian Marketing Office PT kantor cabang Pangkalan Bun, mengenai program Pembiayaan Melawan Rentenir (KPMR) PT Bank Kalteng, antara lain Kredit Betang Berkah dan UMKM berkah. (asp)